POST DETAIL

Senin, 11 Februari 2013 - 11:55

Nigeria Kampiun Piala Afrika 2013

Seruu.com - Nigeria berhasil menyabet trofi Piala Afrika 2013 setelah menundukan Burkina Faso dengan skor tipis  1-0 di partai puncak, di Johannseburg, Afrika Selatan, Minggu (10/2/2013) malam waktu setempat. Sunday Mba menjadi bintang lapangan berkat gol semata wayangnya.

Dalam laga yang disaksikan sekitar  85.000 penonton Nigeria tampil baik sejak awal laga dengan langsung menekan gawang Daouda Diakite sejak awal. Lini tengah yang dikomandoi John Obi Mikel mampu mendominasi perebutan maupun distribusi bola sehingga Charles Kabore kesulitan mengatur serangan Burkina Faso.

Keteledoran Paul Koulibaly pada menit ke-40 di wilayah pertahanan sendiri menyebabkan bola dapat direbut Ideye Brown. Setelah Victor Moses melepas tendangan yang diblok, bola dikuasai Sunday Mba. Sambil berlari Mba menggiring bola dan melewati hadangan Mohamed Koffi di depan kotak penalti.

Sebelum ruangnya ditutup Bakary Kone, kaki kiri Mba lebih cepat menyepak bola ke sisi tiang jauh. Diakite mati langkah tak dapat mencegah gawangnya dari kebobolan. Skor 1-0 untuk Nigeria dan bertahan hingga jeda.

Di babak kedua Nigeria berjuang mencari gol kedua guna membunuh pertandingan selekas mungkin. Tapi, Burkina Faso tak mau menyerah bergitu saja, mereka pun berupaya keras guna mencetak gol penyama. Sayang hingga wasit Djamel Haimoudi meniup peluit panjang tak ada lagi gol tercipta.

Dengan demikian, setelah 19 tahun Nigeria sukses merebut lagi trofi Piala Afrika. Sukses ini merupakan keberhasilan ketiga sepanjang sejarah Elang Super.

Selain itu, pelatih Stephen Keshi menyamai rekor Mahmoud Al Gohari asal Mesir yang sukses menjuarai Piala Afrika sebagai pemain dan pelatih. Nigeria juga dipastikan menjadi wakil Afrika untuk tampil di Piala Konfederasi di Brasil pertengahan tahun ini. [Fox/Is]

Sumber Foto: Getty Images/AFP
 

 

MOST POPULAR