POST DETAIL

Rabu, 19 Desember 2012 - 19:14

Berita Foto: MUI, Banyak Produsen Manfaatkan Sertifikasi Halal

Jakarta, Seruu.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengakui ada produk bakso oplosan daging babi bersertifikat halal yang beredar di masyarakat. Hal ini mengacu proses klarifikasi dan verifikasi yang dilakukan MUI di sejumlah tempat baru-baru ini.

Tetapi MUI enggan disebut terlambat soal pemberian label halal kepada baso oplosan daging babi. Pasalnya, ketika diteliti sebelum pemberian label halal, bakso yang dimaksud tidak mengandung babi.

"Waktu dia mendapat sertifikat memang halal betul," kata Ketua MUI Ma"ruf Amin dalam jumpa pers di kantornya di Jalan Proklamasi nomor 51, Jakarta Pusat, Rabu (19/12/2012).

Ma"ruf menduga, produsen bakso kemudian sengaja mengganti bahannya menggunakan daging babi. Atau, sambungnya, daging babi tercampur dalam bahan pembuatan bakso secara tidak sengaja.

Menurut Ma"ruf, produk bakso haram itu telah kadaluarsa masa sertifikasi halalnya sejak 1 Desember lalu. MUI juga tidak akan memperpanjang masa berlaku logo halal untuk baso olposan daging babi tersebut. Pasalnya, produsen baso tidak mampu menunjukan dokumen yang diperlukan untuk proses sertifikasi. [Dhany]

Foto: Dhanny Krisnadhy/Seruu.com
 

MOST POPULAR