POST DETAIL

Kamis, 22 November 2012 - 13:33

Berita Foto : Dukung UU BPJS, Ribuan Buruh Garda Metal Geruduk Istana

Jakarta, Seruu.com - Aksi demo ribuan buruh kembali menghiasi kota Jakarta, jika sebelumnya buruh berunjuk rasa menuntut dihapuskannya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Kamis (22/11/2012) hari ini buruh berunjuk rasa mendukung BPJS.

Berbagai serikat dan Federasi buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) kembali memadati kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan berencana melakukan longmarch menuju Istana.

Bayu selaku Ketua Federasi Serikat Buruh Indonesia mengatakan, aksi massa buruh ini diikuti oleh 8 federasi, di antaranya FSBI, OPSI, PSK, PARKES, FPSI, dan KSBSI.

"Fokus tuntutan para buruh kepada pemerintah adalah terkait Peraturan Menteri Tenaga Kerja soal alih daya atau outsourching, kelayakan upan serta jaminan kesehatan seumur hidup yang harus segera diwujudkan," kata Bayu disela-sela aksi.

MPBI juga menolak RUU Keamanan Nasional dan upaya gugatan APINDO soal upah minimal provinsi.

Aksi buruh yang diikuti sedikitnya 4.000 orang ini berlangsung damai. Terlihat beberapa polisi mengamankan jalannya aksi, namun tak tampak adanya Polisi Wanita atau Polwan yang ikut berjaga-jaga. Massa para demonstran yang memadati jalanan mengakibatkan arus lalulintas ke arah Istana Negara macet. Sementara jalanan ke arah sebaliknya menuju kawasan Semanggi dan Sudirman lancar. [Dhanny]

Foto:  Dhanny Krisnadhy/Seruu.com

 

MOST POPULAR