POST DETAIL

Selasa, 30 Oktober 2012 - 11:40

Foto : Badai Sandy Hantam Amerika, Obor Patung Liberty Padam

Seruu.com Superstorm Sandy telah mencapai negara bagian Amerika Serikat, New Jersey. Badai, yang diturunkan menjadi badai "pasca-tropis", telah menyebabkan 11 kematian dan membuat lebih dari 2 juta orang di sepanjang Pantai Timur mengungsi dan meninggalkan rumahnya. 

Badai, yang diiringi dengan hujan deras dan angin, telah sampai di sepanjang pantai New Jersey dekat Atlantic City, pada Senin (29/20/2012) pagi waktu setempat atau Selasa dinihari WIB, seperti dirilis oleh Pusat Badai Nasional.

Sebelumnya, NHC mengatakan kategori 1 Badai Sandy telah kehilangan karakteristik tropis, menjadi "pasca-siklon tropis" dengan angin maksimum mendekati 85 mph dan hembusan mencapai 115 mph.

Badai telah sangat mempengaruhi banyak bagian dari New York City, dengan padamnya aliran listrik dan naiknya air ke daratan hingga beberapa meter yang menggenangi kota besar seperti Manhattan dan Brooklyn.
Obor Patung Liberty telah padam, akibat kondisi cuaca ekstrim tersebut.

Walikota Michael Bloomberg memperingatkan bahwa kondisi diperkirakan memburuk, mendesak warga New York untuk tinggal di dalam atau mengungsi ke daerah yang lebih tinggi. "Kondisi luar yang berbahaya, dan mereka hanya akan bertambah buruk dalam beberapa jam mendatang," katanya dalam konferensi pers.

Setidaknya 10 orang telah tewas akibat bencana, menurut AP. Korban dilaporkan di New Jersey, New York, Maryland, Pennsylvania dan Connecticut.


New York City Metropolitan Authority Transportasi mengumumkan bahwa kereta bawah tanah dan bus jaringan ditangguhkan dan akan tetap ditutup untuk jangka waktu yang tidak diketahui. "Layanan akan dikembalikan hanya jika situasi telah aman untuk melakukannya, dan setelah inspeksi seksama terhadap semua peralatan, trek dan sub-sistem dan rute bus. Bahkan dengan kerusakan minimal, ini tetap akan menjadi proses yang panjang, "kata MTA dalam sebuah pernyataan.


Ketua MTA Joseph Lhota mengatakan kepada Televisi WABC bahwa layanan kereta bawah tanah bisa lumpuh untuk "setidaknya satu minggu."

Ada laporan bahwa bangunan utama Brooklyn Coney Island Hospital sedang terbakar. Layanan darurat pemadam kebakaran maupun ambulance tidak dapat mencapai lokasi akibat genangan air, seperti jalan-jalan di sekitar rumah sakit yang tergenang, tulis blog Sheepshead Bites dalam laporan beritanya yang cukup update.


Sementara itu, jejaring sosial di Lower East Side Manhattan telah melaporkan adanya "ledakan besar" yang terjadi di dekat pembangkit listrik di kawasan tersebut. Lower Manhattan sekarang tampaknya tanpa listrik di seluruh kota setelah ledakan yang diduga terjadi pada transformator daya di kota itu.

Saat badai menghantam Pantai Timur, Komisi Pengaturan Nuklir AS telah menyatakan 'Siaga' pada pembangkit listrik di Oyster Creek, New Jersey.

"instalasi, saat ini dalam pemadaman yang dijadwalkan secara rutin, menyatakan Alamrm tanda bahaya di sekitar 08:45 EDT karena air melebihi kriteria tingkat air tinggi tertentu dalam struktur asupan instalasi air," katanya dalam sebuah pernyataan. [ms]

MOST POPULAR