POST DETAIL

Jumat, 26 Oktober 2012 - 11:04

Galeri Foto: Uji Nyali di Karimunjawa

Jepara, Seruu.com – Ingin menguji nyali Anda sembari berwisata ? Yuks kita berwisata saja ke Pulau Karimunjawa. Pesona keindahan pantainya memang begitu menggoda. Lingkungan ekologi di Karimunjawa hingga kini relatif masih terjaga.

Keindahan Kepulauan Karimunjawa, yang memiliki luas daratan 1.500 hektar dan perairan seluas 110.000 hektar ditopang oleh keberadaan hampir 400 spesies fauna laut yang berhabitat di kepulauan yang masuk Kabupaten Jepara (Jateng) itu.

Seruu !! yang mengunjungi pulau itu akhir pekan lalu, tak melupakan untuk menguji nyali dengan berenang di kolam penangkaran hiu dan  melakukan snorkling di pantai yang ditemani puluhan hiu jinak.

Sembari melakukan snorkeling, kita juga dapat menikmati keindahan terumbu karang di Pulau Menjangan Kecil dari perahu yang telah dilengkapi dengan kaca di dasar lambung perahu. Lewat kaca tersebut pengunjung bisa melihat berbagai jenis terumbu karang dan binatang karang yang masih alami.

Untuk menuju pulau Karimunjawa ditempuh dengan jalan laut maupun udara. Dari jalan laut bisa melalui pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Kapal dari pelabuhan Semarang menggunakan jasa Kapal Motor (KM) Kartini yang dikelola oleh Pemprov Jateng. Kapal ini berangkat terjadwal.

Tarifnya juga tak begitu mahal. Sekali jalan untuk kelas eksekutif cukup Rp153 ribu. Jika ingin memilih kelas Bisnis cukup Rp133 ribu.  Jika lewar Semarang dengan KM Kartini, berangkat jam 9 dan menempuh waktu sekitar 4,5 jam. Tentu perjalanan yang cukup melelahkan bagi wisatawan yang tak biasa melewati perjalanan laut.

Bagi wisatawan yang ingin singkat, gunakan Kapal Motor Bahari Ekspres yang berangkat dari Pelabuhan Jepara. Setiap hari jam 8, kapal yang dikelola pihak swasta ini sangat nyaman. Tarifnya juga tak berbeda jauh dengan KM Kartini. Dari Jepara cukup ditempuh waktu 1 jam 40 menit.

Alternatif lain adalah menggunakan KM Muria, namun dengan waktu tempuh lebih lama sekitar 5-6 jam dari Jepara. KM Muria kini lebih banyak dipergunakan untuk mengangkut barang-barang dan juga kendaraan.

Ada lagi transportasi udara. Hanya saja, pesawat udara yang masuk ke Karimunjawa masih carteran. Biasanya pengunjung Kura-Kura Resort yang memiliki kantong tebal. Harga carter pesawat Rp9 juta sekali jalan yang diisi enam penumpang.

Kunjungan ke Karimunjawa saat ini hampir setiap hari ramai. Salah seorang guide lokal, Edi menuturkan, kunjungan ramai khususnya pada hari Jum’at hingga Minggu. “Semenjak ada kapal motor Bahari Ekspres, animo ke Karimunjawa meningkat tajam,” kata Edi yang memandu Seruu !! selama berada di Karimunjawa.

Diungkapkan Edi, melonjaknya wisatawan juga berdampak bagus terhadap perekonomian warga. Kini hampir bermunculan homestay baru yang sengaja dibangun untuk menampung wisatawan. “Banyak wisatawan khususnya yang domestik lebih memilih menginap di homestay. Selain harganya yang lebih murah, juga mereka bisa berbaur dengan warga masyarakat,” kata Edi.

Edi menjelaskan, untuk paket berwisata ke Karimunjawa tidaklah terlalu mahal. Paket wisata dua hari satu malam, berkisar antara Rp 650 ribu hingga Rp 725 ribu. Paket ini meliputi tiket pulang pergi dari Semarang, sewa perahu, wisata ke penangkaran ikan hiu, snorkeling di Pulau Menjangan Besar, menikmati sunset, wisata mangrove, menikmati kampung bugis. “Lokasi kunjungan bisa bertambah sesuai harga paket,” tutur Edi. [py]
 

MOST POPULAR