POST DETAIL

Sabtu, 20 Oktober 2012 - 15:21

Galeri Foto : Serangan Bom di Beirut Yang Tewaskan Kepala Intelejen

Seruu.com - Ledakan dahsyat di Beirut menyebabkan sedikitnya delapan orang tewas dan lebih dari 100 orang luka-luka dalam ledakan terburuk di ibukota Libanon selama tahun-tahun terakhir. Palang Merah dan sejumlah pejabat keamanan mengatakan ledakan hari Jumat (19/10) terjadi di Lapangan Sassine di distrik Ashrafiyeh yang mayoritas penduduknya beragama Kristen.


Ledakan menghancurkan balkon rumah-rumah warga dan warga yang terluka berhamburan ke jalan-jalan. Petugas Palang Merah dan pemadam kebakaran terlihat berada di lokasi tidak lama setelah ledakan terjadi.

Di distrik Ashrafiyeh terdapat kantor sekretariat kelompok yang dibentuk pada tanggal 14 Maret dan didukung oleh Barat.

Kepala intelejen dalam negeri Libanon tewas dalam ledakan bom mobil di Beirut. Wissam al-Hassan merupakan satu dari delapan orang yang tewas dalam serangan. Dia dikenal sebagai tokoh yang dekat dengan pemimpin oposisi Saad Hariri, seorang yang sering mengkritik pemerintahan Suriah. Dan Hariri juga menyalahkan Damaskus dalam serangan bom ini meski pemerintah Suriah mengecam serangan.


Selama konflik Suriah berlangsung, suhu di Lebanon juga semakin meningkat.


Komunitas agama Libanon terpecah diantara mereka yang mendukung pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad - kebanyakan Syiah - dan mereka yang berasal dari Suni mendukung para pemberontak.Wissam al-Hassan, selaku kepala intelejen pasukan keamanan Libanon, selama ini dianggap sebagai orang yang menentang Suriah.


Dia memimpin penyelidikan pemboman tahun 2005 yang menewaskan mantan PM Rafik Hariri, ayah Saad Hariri. Diduga serangan tahun 2005 itu juga melibatkan Damaskus.Baru baru ini Hassan juga melakukan penangkapan terhadap seorang mantan menteri yang dituduh berencana melakukan serangan bom - yang disponsori oleh Suriah - di Libanon.


Serangan Jumat (19/10) kemarin merupakan yang terburuk di Beirut sejak 2008, saat itu terjadi di kawasan Kristen di distrik Ashrafiya, di jalan yang sibuk dekat kantor koalisi Blok 14 Maret pimpinan Saad Hariri.Bagaimanapun kelompok militan Syiah, Hisbullah - yang dikenal dekat dengan pemerintah Suriah - mengutuk serangan bom.


sumber foto : rt.com

MOST POPULAR