POST DETAIL

Rabu, 17 Oktober 2012 - 13:50

Galeri Foto: Kecam Aksi Kekerasan Terhadap Jurnalis, Wartawan Demo di Istana

Jakarta, Seruu.com- Tindak kekerasan yang dialami beberapa wartawan televisi dan pewarta foto oleh anggota TNI AU saat meliput insiden jatuhnya pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara di Riau, mendapat kecaman keras dari wartawan se-Indonesia.

Salah satunya ditunjukan oleh berbagai organisasi wartawan yang ada di Jakarta diantaranya, Pewarta Foto Indonesia (PFI), Poros Wartawan Jakarta (PWJ) Aliansi Jurnalis Indonesia Jakarta (AJI Jakarta) yang tergabung dalam Solidaritas Aksi Wartawan Anti Kekerasan (SOWAK) yang menggelar aksi damai di kantor Menkopolhukam dan Istana Negara, Rabu (17/10/2012).

Aksi keprihatinan tersebut atas tindakan bringas salah satu Perwira TNI AU berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) bernama Robert Simanjuntak yang menjabat sebagai Kepala Divisi Personil TNI AU terhadap salah satu pewarta Foto.

"Kami meminta kepada Menkopolhukam dan Panglima TNI untuk menindak anggotanya yang melakukan kekerasan terhadap Jurnalis, juga mengadili setiap anggota TNI yang melakukan aksi kekerasan terhadap warga sipil," teriak Suparnie dari Radio Elshinta dalam orasinya.

Dalam sebuah tayangan televisi lokal Riau Pos Tv, terlihat dengan jelas sang Letkol mencekik seorang pewarta foto saat sedang mengambil gambar pesawat milik TNI AU yang jatuh di pemukiman warga di Riau.

Bukan itu saja, saat masih dalam cekikan sang Letkol, kamera milik pewarta foto bernama Didik Herwanto itu dirampas oleh anggota TNI AU lainnya.

"Sekitar jam 9.20 WIB saya mendengar suara ledakan. Lalu saya meluncur ke lokasi kejadian, sempat mengabadikan sekitar 40 frame gambar. Lalu saat mengambil gambar kursi pelontar, datang Letkol Robert Simanjuntak mencekik saya dan melayangkan beberapa pukulan yang tepat mengenai pelipis kiri. Dalam posisi telentang, beberapa anggota paskhas AU menghujani saya dengan beberapa tendangan. Lalu salah satu oknum yang tidak sempat saya lihat namanya berpakaian AU merampas kamera saya," kata Didik dalam testimoninya.

Akibat kejadian tersebut, Didik mengalami luka lebam di wajah dan sekujur tubuh bekas hantaman dan tendangan anggota TNI AU yang berada di lokasi. [Dhanny]


Fotografer: Dhanny Krisnadhy/Seruu.com

MOST POPULAR