POST DETAIL

Rabu, 10 Oktober 2012 - 16:00

Galeri Foto: Bea Cukai Bongkar Sindikat Produksi Miras Oplosan dan Ilegal

Jakarta, Seruu.com - Menyikapi meluasnya peredaran minuman keras (Miras) oplosan dan Ilegal, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai baru-baru ini berhasil menggerebek pabrik pembuatan minuman beralkohol yang tidak mengantongi izin dan menyita ribuan botol Miras import Ilegal.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai,  Agung Kuswandono mengatakan, penggerebekan dilakukan setelah sebelumnya dilakukan operasi intelejen selama 2 bulan dan menelusuri jalur pemasaran minuman keras hingga ke pabriknya.

"Kami melakukan pengintaian selama 2 bulan setelah mendapat informasi adanya tempat yang digunakan untuk pembuatan minuman keras ilegal, dari hasi penyelidikan, kami berhasil menangkap pemilik pabrik berinisial RD alias AF berikut barang bukti diantaranya mesin pengisi dan ribuan botol miras berbagai merk siap edar," kata Agung dikantor Wilayah Bea Cukai Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (10/10/2012).

Menurut Agung, pembuatan miras ilegal ini didesain dengan rapih oleh tersangka, mulai dari kamuflase pabrik sebagai rumah tinggal, ruangan yang desain kedap suara, peraturan terhadap karyawan pabrik yang tidak boleh keluar pabrik sampai setiap titik di lokasi pabrik dipasangai CCTV untuk mengintai kegiatan di luar pabrik.

"Tersangka dan sindikatnya sangat rapih mengelola pabrik miras ini, ruangan pengisian minuman ke dalam botol didesain kedap, sehingga masyarakat sekitar tidak bisa mencium aroma alkohol dari dalam pabrik, selain itu, setiap tempat di lokasi dipasangai kamera CCTV guna memantai kegiatan di luar pabrik," terangnya.

Dari keterangan pemilik pabrik, pemasaran minuman dilakukan sendiri ke pembeli di pulau Jawa dan Sumatera, dari hasil penggerebekan ini, ditaksir kerugian Negara sekitar 8 Miliar rupiah.

"Pemasaran dilakukan sendiri oleh tersangka, pabrik yang sudah berjalan sekitar satu tahun ini merugikan Negara sekitar Rp8 Miliar," ungkap Agung. [dhanny]

 

MOST POPULAR