POST DETAIL

Minggu, 9 September 2012 - 20:45

Galeri Foto: Jokowi Sumbang Alat Pemadam Serba Guna

Jakarta. seruu.com- Semakin maraknya kejadian kebakaran diwilayah Jakarta akhir-akhir ini, membuat Calon Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo untuk turun tangan meringankan beban ketakutan masyarakat dengan memperkenalkan alat pemadam kebakaran yang mampu masuk kedalam gang sempit. Minggu (9/9/2012).

Alat yang diberi nama "Pawang Geni" karya warga Solo Jawa Tengah itu dinilai sangat efektif untuk digunakan bilaman terjadi kebakaran diwilayah padat penduduk seperti di wilayah Manggari.

"Alat ini sangat efektif masuk kelokasi gang sempit, karena kalau mobil pemadam agak sulit menjangkau lokasi di kawasan padat penduduk," kata Jokowi usai mendemonstrasikan cara penggunaan pawang geni kepada warga Manggarai.

Menurutnya, alat ini akan diletakan di lokasi rawan kebakaran yang mudah dijangkau warga untuk reaksi cepat sambil menunggu bantuan lain.

"Nantinya alat ini masyarakat yang menggunakan, dan diletakan di lokasi rawan kebakaran sebagai pertolongan pertama," terangnya.

Selain itu, dilihat dari sisi harga per-unit alat tersebut lebih murah dari motor pemadam (Fire motor), artinya kalau anggaran pembelian motor pemadam yang sangat besar itu diganti dengan pawang geni, masyarakat pasti akan memiliki alat ini diwilayahnya.

"Alat ini harga per-unit sekitar Rp 10,3 juta, sedangkan motor pemadam Rp 30 juta, tapi kan dihargainya Rp 260 juta. Nah, beli pawang geni bisa dapat 26 unit," ungkap Jokowi.

Sebelumnya, fire motor dan alat pendukungnya senilai Rp 260 juta per-unit itu digunakan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar PB) DKI Jakarta dan pernah dicoba oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. [dhanny]

MOST POPULAR