POST DETAIL

Kamis, 28 Juni 2012 - 09:40

Foto: Spanyol Pulangkan Portugal

Donetsk, Seruu.com - Sebuah drama menegangkan tersaji saat Spanyol menaklukan Portugal lewat adu penalti di babak semifinal Euro 2012 di Stadion Donbass Arena, Donetsk, Ukraina, Kamis (28/6/2012) dinihari WIB. La Furia Roja yang berstatus sebagai juara bertahan menaklukan Seleccao 4-2 via adu penalti setelah bermain imbang 0-0 di waktu normal plus 2 x 15 menit.

Kiper Iker Casillas dan gelandang serang Cesc Fabregas layak disebut sebagai pahlawan kemenangan Tim Matador. Pasalnya,  Casillas berhasil menggagalkan satu sepakan penalti pemain Portugal, sementara Fabregas menjadi penentu kemenangan berkat gol tendangan 12 pas -nya di babak adu penalti.

Kemenangan atas Portugal mengantarkan Tim Matador melaju ke final Euro untuk kali kedua berturut - turut. Di partai puncak nanti skuad polesan Vicente Del Bosque itu akan beradu dengan pemenang duel antara Jerman kontra Italia. Hasil ini juga membuka kans Spanyol untuk menjadi tim yang meraih trofi Euro dua kali berturut - turut serta menjadi tim yang sukses meraih tiga gelar di turnamen besar dalam rentang waktu enam tahun.

Sementara bagi Portugal, kekalahan menyesakan dari Spanyol ini membuat asa mereka menjadi juara Eropa sirna.

Portugal yang kurang difavortikan untuk menang di laga ini di luar dugaan mampu mengimbangi permainan Spanyol. Itu dibuktikan dengan ball posession yang ketat, Spanyol yang terkenal dengan penguasaan bola yang dominan, hingga paruh pertama rampung hanya mampu menguasai bola sebanyak 57 persen saja.

Laga dimulai dengan tempo sedang dan ketat. Peluang pertama diperoleh Portugal lewat Miguel Veloso. Gelandang Genoa itu melepaskan sepak pojok melengkung yang mengarah ke pojok kiri atas gawang, sayang bola masih bisa ditepis kiper Spanyol, Iker Casillas.

Tujuh menit kemudian giliran Spanyol yang mendapat kesempatan mencetak gol. Andres Iniesta mengirim umpan ke tengah kotak penalti, namun dapat diblok bek Portugal, bola liar kemudian disambar Alvaro Arbeloa, sial tembakan pemain Real Madrid itu hanya melayang tipis saja di atas gawang Portugal kawalan Rui Patricio.

Menit '13 bintang Portugal Cristiano Ronaldo mengirim umpan matang ke arah Nani, beruntung bagi Spanyol, bola dapat diamankan dengan sigap oleh Casillas.

Spanyol yang terlihat tampil tidak seperti biasanya berpeluang memimpin lebih dulu saat Iniesta mendapat ruang tembak di tepi kotak penalti. Sial bagi Iniesta tembakan melengkungnya melayang tipis di pojok kanan atas gawang.

Portugal mendapat peluang terbaiknya pada menit '31 lewat Ronaldo. Mendapat sodoran dari Veloso, Ronaldo yang berada di luar kotak penalti langsung menghujamkan sepakan kaki kiri keras, akan tetapi upayanya belum berbuah gol lantaran bola melebar tipis beberapa centimeter di sisi kiri gawang Casillas.

Paruh pertama ditutup dengan skor 0-0 dan laga berlangsung  membosankan.

Di interval kedua laga berlangsung masih ketat. Portugal mengancam di menit '57 lewat Huga Almeida, sayang shooting kerasnya masih melambung di atas mistar.

Spanyol tak tinggal diam, permainan mereka mulai berkembang di paruh kedua ini. Namun,  Del Bosque mulai ketar-ketir kesempatannya menjadi pelatih yang berhasil membawa Spanyol memboyong dua trofi, yakni Piala Dunia dan Piala Eropa, akan pupus. Ia pun memanggil David Silva keluar lapangan dan digantikan Jesus Navas pada menit '62.

Masuknya Navas membuat serangan Spanyol lebih variatif. Sebuah upaya dari Xavi Hernandez pada menit '67 nyaris saja berbuah gol andai sepakannya dari jarak jauh tidak melenceng.

Hingga pertengahan babak kedua, Spanyol memang masih mendominasi penguasaan bola, namun mulai frustasi. Sementara Portugal secara militan terus menekan pertahanan sang matador, sayang, tumpul di eksekusi.

Lima belas menit jelang waktu normal berakhir, Ronaldo mendapat tiga peluang bagus untuk membawa Portugal unggul. Akan tetapi buruknya akurasi tembakan top skor sementara Euro 2012 itu membuat semua upanya sia - sia. Satu tendangan dari dalam kotak penalti melambung di menit - menit akhir, padahal pemain Madrid ini tidak mendapat pengawalan berati. Sementara  dua kali tendangan bebasnya pada menit '73 dan '84 juga melayang. Alhasil 90 menit berakhir skor 0-0 tetap bertahan dan laga harus dilanjutkan ke babak extra time.

Peluang pertama Spanyol di periode perpanjangan waktu datang pada menit '96, Navas menerobos lewat sayap kiri, dan mengumpan kepada  Iniesta. Sayang, tendangan lemah Iniesta dengan mudah dihalau Pepe.

Pada menit '103, muncul peluang emas untuk Spanyol yang merupakan hasil kerja sama Iniesta dan Pedro, namun usaha tersebut masih berhasil dihalau Patricio.

Pada babak kedua perpanjangan waktu, Spanyol tampaknya mulai bangkit walaupun masih belum nenunjukkan performa seperti ppertandingan sebelumnya.

Pada menit 111, kembali peluang bagus untuk sang matador melalui terobosan Navas dan menendang langsung ke gawang Patricio. Bola sempat memantul dari tangan  Patricio, namun berkat kaki Pepe, bola berhasil diselamatkan.

Dan pada menit '114, Fabregas berhasil memberi umpan manis kepada Pedro. Pedro pun melaju menggiring bola hingga ke depan gawang Portugal, namun sebelum ia melakukan eksekusi, Pepe menghalau bola tersebut.

Skor imbang tanpa gol pun bertahan hingga babak perpanjangan waktu 2x15 menit usai dan pemenang laga ini pun harus ditentukan lewat adu penalti.

Di babak adu penalti, Spanyol jauh lebih beruntung karena empat algojo penaltinya tanpa cela menceploskan si kulit bundar dan hanya satu eksekutor yang gagal, yakni Xabi Alonso yang mendapat kesempatan menendang penalti pertama. Di kubu Portugal, dua dari empat penendang mereka, yakni Joao Moutinho dan Bruno Alves tengah dijauhi Dewi Fortuna, mereka gagal menaklukan Casillas. Alhasil babak adu penalti dimenangkan oleh Spanyol dan Sergio Ramos Cs pun berhak merebut tiket ke final. [is]

Susunan pemain:
Portugal (4-3-3): 12-Rui Patricio; 2-Bruno Alves, 3-Pepe, 5-Fabio Coentrao, 21-Joao Pereira; 4-Miguel Veloso (6Custodio Dias de Castro 105), 8-Joao Moutinho, 16-Raul Meireles (18-Varela 113); 7-Cristiano Ronaldo, 9-Hugo Almeida (11-Nelson Miguel Castro Oliveira 81)), 17-Nani

Spanyol (4-3-3): 1-Iker Casillas; 15-Sergio Ramos, 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba, 17-Alvaro Arbeloa; 16-Sergio Busquets, 14-Xabi Alonso, 8-Xavi (17-Pedro 87); 6-Andres Iniesta, 11-Alvaro Negredo (10-Cesc Fabregas 54), 21-David Silva (22-Jesus Navas 60)
 

Wasit: Cuneyt Cakir
 

Statistik Portugal Vs Spanyol:

shots on target :     0 - 4    
shots off target :     9 - 8    
possession (%) :     43 - 57    
corner kicks :     6 - 7    
offsides :     2 - 3    
fouls :     32 - 20    
yellow cards :     5 - 4
 

Penendang penalti:

Portugal:
Joao Moutinho (Gagal)
Pepe (Masuk)
Nani(Masuk)
Bruno Alves (Gagal)

Spanyol:
Xabi Alonso Gagal)
Andres Iniesta (Masuk)
Gerard Pique (Masuk)
Sergio Ramos (Masuk)
Cesc Fabregas (Masuk)

 

Sumber Foto: Getty Images/Uefa.com

MOST POPULAR