POST DETAIL

Minggu, 24 Juni 2012 - 10:43

Foto: Tim Matador Hajar Tim Ayam Jantan

Donetsk, Seruu.Com - Spanyol akhirnya memastikan diri lolos ke Semi final Piala Eropa 2012, setelah sukses mengalahkan Prancis dengan skor 2-0 di Donbass Arena, Ukraina, Minggu (24/6/2012) dini hari di fase delapan besar. Xabi Alonso menjadi bintang lapangan kemenangan Tim Matador berkat sumbangsih dua golnya.

Prancis yang sedari babak pertama ditekan terus menerus, tertinggal satu gol dari Spanyol setekah Alonso sukses memperdaya kiper Hugo Lloris lewat tandukan akuratnya. Gol Alonso tak lepas dari kejelian Jordi Alba mengirim crossi di sisi kanan pertahanan Les Blues.

Di babak kedua, Prancis  berusaha bangkit dan menekan. Namun apa daya, lini tengah Prancis terlalu rapuh, justru pergerakan Tim Matador berhasil menggedor lini pertahanan Prancis yang dipimpin Laurent Koscielny.

Tampak kerepotan, Prancis semakin bermain layaknya bukan sebagai tim. Memanfaatkan peluang tersebut, anak asuh Vicente Del Bosque semakin menjadi-jadi. Sayang, usaha kerasnya tak juga membuahkan hasil.

Tak mau terus ditekan, Prancis pun melakukan serangan cepat. Di menit  - 60, Franck Ribery memberikan crossing indahnya yang langsung disambut Mathieu Debuchy. Namun, tandukannya masih tipis di atas mistar gawang! Prancis gagal memaksimalkan peluang emas untuk menyamakan skor!

Spanyol kembali memeiliki peluang emas di menit ke-66. Namun, Fabregas yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang gagal menceploskan bola ke dalam gawang.

Memasuki meenit ke-64, Vicente Del Bosque memasukkan penyerang Fernando Torres dan Pedro Rodriguez, untuk menggantikan Cesc Fabregas dan David Silva. Sementara di kubu Perancis, Laurent Blanc memainkan Samir Nasri dan Jeremy Menez. Kedua pemain tersebut menggantikan Florent Malouda dan Debuchy.

Bukannya menyamakan kedudukan, Prancis justru harus kembali kebobolan di masa injury time. Xabi Alonso kembali menjebol gawang Prancis sekaligus merubah kedudukan menjadi 2-0 lewat titik putih penalti. Penalti diberikan wasit setelah Pedro didorong Anthony Reveillere.

Dua gol kreasi Alonso dalam pertandingan internasional keseratusnya mengantarkan Spanyol ke semifinal Euro 2012. Iker Casillas dan kawan-kawan sudah ditunggu Portugal dalam perebutan tiket final di stadion yang sama dengan semifinal Sabtu malam ini, yakni di Donbass Arena, Donetsk pada 27 Juni mendatang.    

Susunan Pemain
Spanyol (4-3-3): 1-Iker Casillas; 3-Gerard Pique, 15-Sergio Ramos, 17-Alvaro Arbeloa, 18-Jordi Alba; 8-Xavi, 14-Xabi Alonso, 16-Sergio Busquets; 6-Andres Iniesta (Carzolla 83), 10-Cesc Fabregas (Torres 67), 21-David Silva (Pedro 64)

Perancis (4-2-3-1): 1-Hugo Lloris; 4-Adil Rami, 13-Anthony Reveillere, 21-Laurent Koscielny, 22-Gael Clichy; 2-Mathieu Debuchy (Menez 64), 6-Yohan Cabaye; 7-Franck Ribery, 15-Florent Malouda (Nasri 64), 17-Yann M'Vila; 10-Karim Benzema

Statistik pertandingan Spanyol Vs Prancis:

shots on target :     3 - 1    
shots off target :     4 - 3    
possession (%) :     56 - 44    
corner kicks :     7 - 3    
offsides :     5 - 1    
fouls :     6 - 12    
yellow cards :     1 - 2    
red cards :     0 - 0



Sumber Foto: Getty Images/Uefa.com

MOST POPULAR