POST DETAIL

Sabtu, 23 Juni 2012 - 09:35

Galeri Foto: Jerman Hancurkan Yunani

Gdańsk, Seruu.com - Favorit juara di  Euro 2012, Jerman akhirnya memastikan satu tempat di semi final turnamen se-akbar di Benua Biru itu setelah melibas Yunani dengan skor mencolok 4-2 di babak perempatfinal Euro 2012 di Stadion PGE Arena Gdańsk, Polandia, Sabtu (23/6/2012) dinihari WIB.

Ada yang berbeda dari komposisi pemain Jerman di laga ini, pelatih Joachim Loew tidak memasang trio penyerang Lukas Podolski dan Thomas Muller serta Mari Gomez yang selalu menjadi starter di tiga laga penyisihan, ketiganya digantikan Marco Reus dan Andre Schürrle serta Miroslav Klose. Namun, meski demikian Der Panzer tetap tampil garang dan menawan.

Dalam laga yang dipimpin wasit Damir Skomina itu Jerman yang merebut poin sempurna di fase grup tampil dominan dan menyerang sejak awal laga. Beberapa kali serangan Der Panzer yang dibangun Mesut Ozil mengancam gawang Yunani kawalan Michalis Sifakis, namun selalu kandas lantaran finishing touch yang kurang baik.

Menit keempat Schürrle membobol gawang Yunani, sayang sang  pemain telah berada dalam posisi offside lebih dulu. Dua menit kemudian Sami Khedira melepaskan tendangan keras, akan tetapi masih melayang di atas mistar.

Di awal-awal laga ini Yunani terlihat sedikit grogi, tapi kampiun Euro 2004 itu tampil disiplin dan bertahan dengan baik  sambil sesekali menunggu kesempatan melakukan serangan balik. Sementara Jerman bermain penuh dengan tekanan.

Di menit '12, Reus melesakkan tendangan keras usai meneruskan umpan dari Khedira, tetapi usahanya itu masih melebar. Di menit '23, peluang emas diperoleh Ozil. Menerima sodoran bola dari Reus, Ozil yang hanya berjarak 10 meter dari gawang melepaskan sepakan, sayang Sifakis sukses membaca tendangan pelan pemain Real Madrid ini.

Beberapa menit berselang  Reus mengarahkan bola dekat ke Klose, tetapi kemudian nama terakhir gagal memanfaatkan bola liar.

Kebuntuan Jerman  baru bisa terpecahkan pada menit '39. Philipp Lahm sukses mengoyak gawang Yunani, tendangan kapten tim Jerman dari luar kotak penalti pertahanan Yunani ini menghujam pojok kiri atas gawang tanpa mampu dihalau Sifakis. Gol Lahm tercipta berkat umpan matang Ozil dari tengah lapangan.

Babak kedua dimulai, Jerman tetap mempertahankan permainan atraktifnya. Namun, secara tak diduga Jerman justru kebobolan pada menit '55 setelah skema serangan balik cepat Yunani berbuah manis.

Adalah Georgios Samaras yang menjadi pencetak gol penyeimbang. Gol bermual dari sodoran pemain tengah Yunani di tengah lapangan ke sisi kiri pertahanan Jerman, bola kemudian dikuasai Dimitrios Salpingidis yang langsung melepaskan crossing mendatar ke arah mulut gawang Jerman, Samaras yang ditempel ketat Jerome Boateng berhasil mencocor si kulit bundar dan membobol gawang Jerman, kawalan Manuel Neuer.

Akan tetapi, Jerman kembali memimpin satu gol enam menit berselang setelah tendangan voli keras Sami Khedira dari dalam kotak penalti mengoyak gawang Yunani. Gol Khedira tak lepas dari peran Jerome Boateng yang memberikan umpan matang dari sisi kanan.

Striker gaek yang juga jago bola udara, Miroslav Klose memperbesar keunggulan Der Panzer menjadi 3-1 pada menit '68. Umpan tendangan bebas Ozil disambut tandukan bomber Lazio itu dan menjebol gawang Yunani. Ini adalah gol ke-64 dalam 120 laga bagi penyerang veteran itu

Jerman kian menjauh setelah Reus mencatatkan namanya di papan skor. Gelandang serang yang musim depan bermain bagi Borussia Dortmund itu berhasil mencetak gol memanfaatkan bola rebound hasil sepakan Miroslav Klose yang sebelumnya masih dapat diblok Sifakis. Tendangan keras Reus melesat mulus ke gawang Yunani yang sudah lowong. Ini merupakan gol pertama Reus di turnamen besar bersama Jerman.

Semenit jelang waktu normal beakhir Yunani berhasil memperpendek jarak menjadi 4-2 lewat gol penalti Salpangidis. Tendangan 12 pas stiker lincah itu sukses  mengecoh Neuer. Hadiah penalti didapat Yunani setelah Boateng handsball di dalam kotak penalti.

Di sisa laga, tak ada gol tambahan dicetak kedua kubu. Jerman menang 4-2, dan melaju ke semifinal, juara Euro 1996 itu bakal beradu dengan pemenang duel Inggris kontra Italia di fase semifinal.  [is]

Susunan pemain

Jerman: 1-Manuel Neuer; 14-Holger Badstuber, 5-Mats Hummels, 16-Philipp Lahm, 20-Jerome Boateng; 6-Sami Khedira, 7-Bastian Schweinsteiger; 9-Andre Schurrle (13-Thomas Muller 67), 21-Marco Reus (19-Mario Gotze 80), 8-Mesut Oezil; 11-Miroslav Klose (23-Mario Gomez 80)

Yunani: 13-Michail Sifakis; 5-Kyriakos Papadopoulos, 19-Sokratis Papastathopoulos, 3-Giorgios Tzavellas (16-Giorgios Fotakis 46), 15-Vasilis Torosidis; 2-Giannis Maniatis, 6-Grigoris Makos (9-Nikos Liberopoulos 72); 21-Kostas Katsouranis, 7-Georgios Samaras, 18-Sotiris Ninis (17-Theofanis Gekas 46); 14-Dimitris Salpingidis

Wasit: Damir Skomina

Statistik pertandingan  Jerman Vs Yunani:

shots on target :     12 - 5    
shots off target :     10 - 4    
ball possession (%) :     66 - 34    
corner kicks :     10 - 1    
offsides :     5 - 2    
fouls :     9 - 10    
yellow cards :     0 - 2    
red cards :     0 - 0

MOST POPULAR