POST DETAIL

Jumat, 22 Juni 2012 - 09:22

Galeri Foto: Tekuk Rep.Ceko, Portugal ke Semifinal

Warsawa, Seruu.Com - Portugal sukses smenembus fase semifinal Euro 2012 setelah menekuk Republik Ceko dengan skor tipis 1-0 di babak perempatfinal di National Stadium, Warsawa, Polandia, Jumat (22/6/2012) dinihari WIB. Gol tunggal kemenangan Seleccao dilesakan oleh kapten sekaligus bintang mereka, Crsitiano Ronaldo.

Adalah Cristiano Ronaldo yang sedari awal mengancam gawang Petr Cech akhirnya mampu memecah kebuntuan dimenit ke-79. Petr Cech yang berjibaku dengan serangan bertubi-tubi tak mampu menahan derasnya sundulan CR 7 yang dikirim dari Joao Moutinho dari arah kiri pertahanan Portugal.

Sejak menit peluit babak kedua dibunyikan, Portugal  mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Terbukti dimenit ke-47, Umpan silang dari Raul Meireles menemui kepala Hugo Almeida, sayang, tandukan  dari jarak dekat Almeida masih melayang di atas mistar.  

Ceko yang mulai tak seimbang, tetap berusaha menekan pertahanan Portugal. Sayang tekanan yang dilancarkan oleh Milan Baros Cs  selalu dipatahkan.

Lagi-lagi Ronaldo harus menunjukan ancaman dimenit ke-55,  sayang sekali tendangan volinya masih melambung di atas mistar setelah dia memanfaatkan umpan matang dari Meireles.

Portugal yang menemui jalan buntu karena tak juga dapat menembus ketatnya pertahanan Ceko, mulai mengancam dengan tendangan-tendangan jarak jauh. Beberapa kali gelandang - gelandang  Portugal melakukan tembakan-tembakan spekulasi. Petr Cech harus rela jatuh bangun menahan serangan-serangan tersebut.

Tak mau tertekan, Ceko mulai menyerang dimenit ke-61 dengan aksi individu Pilar yang melewati Pepe, namun kemudia sang pemain tidak dibantu rekan-rekannya yang lain untuk membongkar pertahanan Seleccao. Bola lantas dapat direbut kembali.

Pada menit ke-64, Petr Cech kembali melakukan penyelamatan yang gemilang dengan menepis tembakan dari Joao Moutinho.

Serangan dari Portugal semakin gencar. Sampai pada menit ke-78, gol fantastis dari Ronaldo berhasil memecah kebuntuan. Skor 1-0 bertahan hingga laga usai  membawa Portugal ke semifinal.

Susunan Pemain

Republik Ceko: Petr Cech; Gebre Selassie, Michal Kadlec, Tomas Sivok, David Limbersky; Tomas Hubschman (Pekhart, 85'), Jaroslav Plasil, Vladimir Darida (Jan Rezek, 61'); Vaclav Pilar, Petr Jiracek; Milan Baros.

Portugal: Rui Patricio; Joao Pereira, Pepe, Bruno Alves, Fabio Coentrao; Miguel Veloso, Joao Moutinho, Raul Meireles (Rolando, 89'); Luis Nani (Custodio, 84'), Cristiano Ronaldo, Helder Postiga (Hugo Almeida, 40').

MOST POPULAR