POST DETAIL

Rabu, 20 Juni 2012 - 10:29

Galeri Foto: Inggris Gasak Ukraina

Donetsk, Seruu.Com - Ukraina akhirnya harus rela menerima kenyataan dengan kalah 1-0 dari Inggris di laga penyisihan Grup D Euro 2012 yang berlangsung di Stadion Donbass Arena, Donetsk, Selasa atau Rabu (20/6/2012) dini hari WIB.

Setelah bermain imbang tanpa gol melawan Ukraina di sepanjang babak pertama, Inggris akhirnya memecah kebuntuan. Wayne Rooney membuka skor untuk membawa The Three Lions memimpin 1-0 di menit 48.

Gol itu tercipta diawali dari sepak pojok Stevan Gerrard namun sempat diamankan. Gerrard kembali mendapat bola untuk melakukan crossing yang tidak bisa ditangkap kiper Ukrainan sebelum disambut Rooney dengan sundulan.

Semangat Inggris tergenjot dengan gol pembuka ini. Beberapa peluang emas berhasil dibuat Inggris untuk mengoyak gawang yang dijaga Pyatov namun masih gagal dieksekusi menjadi gol tambahan untuk The Three Lions.

Milevskiy nyaris menyamakan kedudukan, bola tidak mampu dihalau Hart di menit ke-63. Namun Ukraina gagal bersorak sorai karena John Terry segera membuang bola yang nyaris masuk ke gawang Inggris.

Permainan semakin memanas dan lebih agresif dari babak pertama.

Milner memberi peluang gol, Rooney gagal memanfaatkannya dan bola kembali ditangkap Cole. Namun tembakan Cole berhasil ditepis Pyatov.

Kejadian kontroversi pun terjadi pada menit ke-62. Dari sebuah serangan balik Ukraina, Marko Devic memiliki kesempatan besar mencetak gol karena tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Hart. Tembakan Devic memang sempat ditepis Hart.

Namun, bola halauan Hart tetap mengarah ke gawang yang sudah kosong. Saat pemain Ukraina bakal bergembira menyambut gol penyeimbang itu, tiba-tiba John Terry menyapu bola keluar dari gawang Inggris.

Para pemain Ukraina langsung mengklaim bila bola telah melewati garis gawang. Tetapi, asisten wasit yang berada di samping gawang Hart tak bergeming dan menganggap belum terjadi gol. Padahal, dalam tayangan ulang terlihat jelas bila bola yang diselamatkan Terry telah sepenuhnya melewati garis gawang.

Kejadian tersebut tidak membuat Ukraina patah arang untuk membalas gol Inggris. Pada sisa pertandingan, tuan rumah memberikan tekanan kepada Inggris. Tapi, "Dewi Fortuna" tak berpihak ke Ukraina. Pertandingan pun usai dengan kemenangan Inggris 1-0.

Hingga peluit panjang berbunyi, kedudukan tidak berubah. Inggris unggul 1-0 atas Ukraina.

Lima kartu kuning bertebaran di babak ini, Steven Gerrard, Ashley Cole, Yaroslav Rakitskiy, dan Anatoly Tymoschuk, dan Andriy Shevchenko.

Menurut data statistik ESPN, tingkat akurasi tendangan Ukraina paling rendah se-Piala Eropa 2012, hanya 17 persen.

Walau Ukraina mendominasi penguasaan bola sebanyak 57 persen dengan 16 peluang, sang tuan rumah gagal melaju ke perempat final.

Susunan pemain Inggris vs Ukraina:
Inggris (4-4-2): 1-Hart; 2-Johnson, 6-Terry, 15-Lescott, 3-Cole; 16-Milner (7-Walcott 70'), 4-Gerrard, 17-Parker, 11-Young; 10-Rooney (20-Oxlade-Chamberlain 87'), 22-Welbeck (9-Carroll 82')
Cadangan: 13-Green, 23-Butland, 5-Kelly, 12-Baines, 14-Jones, 18-Jagielka, 18-Henderson, 19-Downing, 21-Defoe

Ukraina (4-2-3-1): 12-Pyatov; 9-Gusev, 3-Khacheridi, 20-Rakitskiy, 2-Selin; 4-Tymoshchuk, 6-Garmash (18-Nazarenko 78'); 11-Yarmolenko, 15-Milevskiy (21-Butko 77'), 19-Konoplyanka; 22-Devic (7-Shevchenko 70')
Cadangan: 1-Koval, 23-Goryainov, 5-Kucher, 13-Shevchuk, 17-Mikhalik, 8-Aliev, 14-Rotan, 10-Voronin, 16-Seleznyov

Wasit: Viktor Kassai (Hungaria)

MOST POPULAR