POST DETAIL

Selasa, 19 Juni 2012 - 08:50

Galeri Foto: Spanyol Bekuk Kroasia

Gdansk, Seruu.Com - Tim  nasional Spanyol sukses menjadi pemuncak klasemen Grup C. Bermain di PGE Arena, Gdansk, Selasa (19/6/2012) dini hari WIB dalam pertandingan terakhir Grup C, tim asuhan Vicente del Bosque mengalahkan Kroasia 1-0. 

Hasil ini mengantar Spanyol lolos sebagai juara grup dengan nilai tujuh poin dari tiga kali pertandingan. Di sisi lain, Kroasia tersingkir dengan perolehan empat poin, terpaut satu angka dari Italia yang jadi runner-up usai menang dari Republik Irlandia.

Jesus Navas menjadi penentu kemenangan Spanyol lewat gol yang diciptakannya. Memanfaatkan umpan Andres Iniesta  yang diteruskan umpan terobosan Cesc Fabregas, Navas mengonversi umpan ini menjadi gol pada menit 87.

Meski mendominasi penguasaan bola sejak babak pertama dimulai, Spanyol tak banyak mengancam gawang Kroasia yang dikawal Pletikosa. Peluang baru didapat menit ke-12. Umpan terobosan Silva yang ditujukan kepada Iniesta dilanjutkan dengan tendangan ke arah gawang. Namun tendangannya mengarah tepat ke Pletikosa.

Perubahan justru dimulai sejak menit awal dibabak kedua. Kroasia yang sedari babak pertama lebih defensif, kini mengambil alih serangan. Walaupun Spanyol tetap mendominasi penguasaan bola. Namun, tidak ada penetrasi yang membahayakan gawang Kroasia.

Kroasia yang mendapatkan peluang emas di menit ke-58. Umpan silang Modric ke tiang jauh disundul Rakitic yang tak terkawal di depan gawang. Beruntung bagi Spanyol Casillas masih sigap menepis sundulan tersebut.

Kroasia kembali mengancam di menit ke-68. Umpan silang Srna ke tiang jauh disambut tendangan voli yang dilepaskan Perisic. Namun arahnya masih melambung tinggi di atas mistar. 10 menit berselang, kembali Casillas melakukan penyelamatan penting. Kiper Real Madrid itu menepis tendangan keras Perisic.

Pada menit 61, pelatih Spanyol memasukkan Jesus Navas menggantikan Torre untuk menemani David Silva di lini depan.  Sementara pelatih Kroasia memasukkan Jelavic dan Perisic menggantikan Pranjic dan Vida pada menit 65.

Menit 72, pelatih Spanyol memutuskan untuk memasukkan Cesc Fabregas menggantikan Silva dan terbukti dengan masuknya Fabregas, serangan Spanyol lebih agresif.

Sampai pada menit ke-77, Fabregas melakukan serangan berbahaya namun masih mampu ditepis oleh Srna.

Pada menit 78, giliran Kroasia membuat peluang. Perisic melancarkan tendangan setelah menahan bola dengan dadanya namun Casillas masih mampu menahan.

Hingga menit 86, pertahanan Kroasia masih rapat sementara Spanyol belum mampu menembus gawang.

Namun akhirnya, satu menit kemudian Spanyol memecah kebuntuan lewat gol Jesus Navas sehingga membawa Spanyol lolos dari penyisihan grup untuk menjadi juara Grup C sekaligus menunggu ditantang runner up Grup D di perempatfinal turnamen akbar se-Eropa itu.

Dengan hasil ini, Kroasia harus mengubur mimpi mereka untuk maju ke perempat final karena dipertandingan lain Italia mampu mengalahkan Irlandia dengan skor 2-0 dan menggeser posisi Kroasia ke posisi ke-3.

Sedangkan Spanyol, kemenangan ini membuat tim asuhan Vicente del Bosque lolos ke perempat final, sekaligus tampil sebagai pemuncak klasemen Grup C dengan mengumpulkan Tujuh poin dari tiga pertandingan. [rn]

Susunan Pemain:

Kroasia: 1-Stipe Pletikosa; 21-Domagoj Vida (9-Nikica Jelavic 65'), 5-Vedran Corluka, 13-Gordon Schildenfeld, 2-Ivan Strinic; 7-Ivan Rakitic, 8-Ognjen Vukojevic (22-Eduardo 81'); 11-Darijo Srna, 10-Luka Modric, 6-Danijel Pranjic (20-Ivan Perisic 65'); 17-Mario Mandzukic

Spanyol 1-Iker Casillas; 17-Alvaro Arbeloa, 15-Sergio Ramos, 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba; avi, 16-Sergio Busquets, 14-Xabi Alonso; 21-David Silva (10-Cesc Fabregas 73'), 9-Fernando Torres (22-Jesus Navas 60'), 6-Andres Iniesta


Sumber Foto: Getty Images/Uefa.com

MOST POPULAR