POST DETAIL

Jumat, 15 Juni 2012 - 09:19

Galeri Foto: Italia ditahan Kroasia

Seruu.com - Italia kembali gagal mendulang kemenangan di turnamen Euro 2012. Berjumpa Kroasia di matchday kedua Grup C, Gli Azzuri dipaksa bermain imbang 1-1 di Stadion Municipal, Poznan, Jumat (15/6/2012) dinihari WIB. Italia sempat unggul satu gol lewat Andrea Pirlo, namun Kroasia mampu membalas berkat sumbangsih gol Mario Mandzukic.

Hasil imbang kali ini merupakan kali kedua diperoleh Italia, sebelumnya di laga pembuka Mario Balotelli Cs juga bermain seri dengan Juara Eropa 2008, Spanyol dengan skor identik. Skuad polesan Cesare Prandelli ini kini memiliki poin dua dan berada di posisi dua sementara. Unggul satu poin dari Spanyol yang baru akan memainkan laga keduanya melawan Republik Irlandia beberapa menit lagi. Andai Spanyol menang maka Italia bakal lengser ke urutan ketiga.

Sementara bagi Kroasia, hasil ini membuat mereka bercokol di puncak klasemen dengan poin empat. Kroasia di laga pertama suskes membenamkan Republik Irlandia 3-1.

Hasil ini juga membuat Italia gagal patahkan mitos tidak pernah menang atas Kroasia. Italia tidak pernah menang atas Kroasia sejak negara itu menjadi negara independen 1991 silam. Dari enam pertemuan, termasuk laga ini, Italai memiliki catatan rekor tiga kali kalah dan tiga kali imbang.

Kedua tim tampil terbuka sejak wasit Howard Webb meniup peluit panjang dimulainya pertandingan. Gebrakan yang manis dilakukan Italia di awal-awal laga. Di menit ketujuh Mario Balotelli melepaskan tendangan dari dalam kotak 16 besar, tetapi masih melebar.
 
Dua kali Gli Azzurri memperoleh peluang di menit sepuluh. Pertama via Balotelli yang tendangannya masih bisa di blok di dalam area terlarang, lalu bola liar langsung disambar Claudio Marchisio, namun sepakannya masih melambung.

Laga berlangsung seperempat menit, salah pengertian terjadi di lini pertahanan Kroasia. Umpan yang dikirim Mandzukic tidak ada yang menyambut, sementara Italia langsung melakukan serangan cepat melalui Balotelli, akan tetapi upaya sang striker masih bisa digagalkan Pletikosa.
 
Italia kembali menekan,  Cassano memperoleh peluang pada menit '33, Namun, tembakan pemain AC Milan ini dari sudut sempit masih melebar, tipis sekali.

Empat menit berselang, peluang emas diperoleh Claudii Marchisio. Gelandang Juventus ini seharusnya bisa menuntaskan peluang menjadi gol. Setelah menerima sodoran bola dari Cassano, Marchisio mengecoh satu bek Kroasia dan tinggal berhadapan dengan Pletikosa, akan tetapi  tendangannya mampu diblok Pletikosa, bola liar kembali disambar Marchisio, namun lagi - lagi Pletikosa mampu menepisnya.

Semenit kemudian Italia akhirnya mampu memecah kebuntuan berkat gol Pirlo. Jenderal lini tengah ini suskes membobol gawang Kroasia  lewat tendangan bebas indah dari jarak 25 meter. Lesatan kaki kanan playmaker Juventus ini melesat menghujam pojok kanan tanpa mampu digagalkan Pletikosa. Tendangan bebas didapat Italia setelah Mario Balotelli dijegal bek Kroasia.

Tertinggal satu gol, Kroasia bermain jauh lebih berani di interval kedua. Pasukan Slaven Bilic ini langsung menggeber serangan. Peluang langsung didapat
Luka Modric lewat tembakannya dari luar kotak penalti, namun sepakannya masih terlalu tinggi.

Menit '51, sebuah sepakan spekulasi dari Leornado Bonucci nyaris saja memperbesar keunggulan Italia, namun sayang tembakannya melayang tipis di atas mistar.

Setelah momen itu, Kroasia tampak lebih memegang kendali permainan pada babak kedua. Italia pun terpaksa banyak berkonsentrasi di lini belakang dan hanya mengandalkan serangan-serangan balik.

Hingga akhirnya, pada menit ke '72, Kroasia  sukses menyetarakan angka melaui penyerang tengah Mario Mandzukic. Menerima crossing dari sisi kanan pertahanan Italia, Mandzukic menyambutnya dengan kontrol bola menawan sebelum menghujamkan sepakan keras kaki kanan yang mengoyak gawang Italia kawalan Gigi Buffon. Gol ini merupakan gol ketiga yang dicetak bomber VfL Wolsburg itu di Euro 2012.

Setelah laga sempat terganggu sejenak akibat asap dari kembang api yang disulut fans, Italia mendapat kans untuk kembali memimpin melalui tendangan pemain pengganti Riccardo Montolivo, namun percobaannya dapat diantisipasi Pletikosa.

Memasuki pengujung pertandingan, permainan berjalan semakin terbuka dengan kedua tim silih berganti memberikan ancaman kepada sang lawan. Namun, hingga peluit panjang berbunyi, Italia maupun Kroasia tak mampu mencetak gol kemenangan dan mesti puas berbagi satu poin.

Di laga pamungkas,  Italia akan berhadapan dengan Republik Irlandia, sementara Kroasia bertemu Spanyol. Kedua laga itu akan dihelat berbarengan pada 19 Juni 2012 pukul 01.45 dinihari WIB. [is]


Susunan Pemain:
Italia: 1-Gianluigi Buffon, 16-Daniele De Rossi, 3-Giorgio Chiellini, 9-Leonardo Bonucci, 5-Thiago Motta (Riccardo Montolivo 63), 8-Claudio Marchisio, 21-Andrea Pirlo, 13-Emanuele Giaccherini, 2-Christian Maggio, 10-Antonio Cassano (20-Sebastian Giovinco 83), 9-Mario Balotelli (11-Antonio Di Natale 70).

Kroasia: 1-Stipe Pletikosa, 13-Gordon Schildenfeld, 5-Vedran Corluka, 2-Ivan Strinic, 11-Darijo Srna, 8-Ognjen Vukojevic, 10-Luka Modric, 20-Ivan Perisic (6-Danijel Rakitic 68), 7-Ivan Rakitic, 9-Nikica Jelavic (22-Eduardo 83), 17-Mario Mandzukic

Wasit: Howard Webb

Statistik pertandingan Italia Vs Kroasia

shots on target :     5 - 5    
shots off target :     8 - 4    
possession (%) :     51 - 49    
corner kicks :     6 - 3    
offsides :     3 - 1    
fouls :     14 - 20    
yellow cards :     2 - 1    
red cards :     0 - 0

MOST POPULAR