POST DETAIL

Senin, 11 Juni 2012 - 08:28

Galeri Foto: Italia Tahan Spanyol

Seruu.com - Juara Eropa 2008 Spanyol gagal mendulang kemenangan di matchday pertama Grup C, Tim Matador dipaksa bermain imbang 1-1 dengan tim kuat Italia di Stadion PGE Arena, Gdańsk, Senin (10/6/2012) dinihari WIB. La Furia Roja sempat tertinggal lebih dulu, sebelum akhirnya bisa menyamakan skor di babak kedua.

Dalam laga yang dipimpin wasit Viktor Kassai itu dua tim yang pernah mengecap Juara Euro ini tampil terbuka sejak awal laga. Peluang pertama diperoleh Tim Matador di menit sepuluh  lewat David Silva, sayang sepakan winger Manchester City itu masih terlalu lemah sehingga bola mampu diantisipasi oleh kiper Italia, Gianluigi Buffon.

Tiga menit berselang giliran Italia memperoleh peluang lewat tendangan bebas Andrea Pirlo, namun sepakan keras deep playmaker Juventus itu dapat dimentahkan kiper Spanyol, Iker Casillas.

Spanyol yang tampil tanpa striker murni kembali mengancam pada menit '29. Kali ini lewat Andres Iniesta yang menghujamkan shooting keras dari sisi kiri, beruntung bagi Italia, Buffon dengan sigap mampu mengamankan bola.

Empat menit kemudian Italia yang bermain dengan dua striker nyaris saja unggul dulu saat Claudio Marchisio melepaskan tendangan voli spektakuler dari luar kotak penalti. Namun, Casillas berada di posisi yang tepat untuk menangkap si kulit bundar.

Dua menit jelang jeda, Iniesta yang tampil lugas kembali melepaskan sepakan, namun kembali belum menemui sasaran. Tendangannya masih melayang di atas mistar Buffon.

Tepat di menit '45 peluang emas diperoleh Gli Azzuri melalui Thiago Motta. Gelandang PSG itu tak terkawal di kotak penalti dan menghujamkan tandukan keras
meneruskan crossing Antonio Cassano, akan tetapi upayanya gagal berbuah gol lantaran bola mampu ditepis secara gemilang oleh Casillas. Alhasil babak pertama ditutup dengan skor 0-0.

Di babak kedua  tempo permainan kedua tim meningkat, akan tetapi Spanyol tetap mengontrol permainan. Namun, peluang justru didapat oleh kubu  Italia. Mario Balotelli mampu mencuri bola dari Sergio Ramos pada menit ke '53. Akan tetapi, mantan striker Inter Milan itu tampak grogi meski sudah bebas berhadapan dengan Casillas. Ramos pun dengan sigap memblok ketika Balotelli berusaha menendang bola ke arah gawang.

Sesaat setelah membuang kesempatan emas, Balotelli pun ditarik keluar dan digantikan oleh Antonio Di Natale. Masuknya striker Udinese itu membawa berkah bagi Italia, bomber lincah itu berhasil membawa Gli Azzuri unggul satu gol pada menit '60. Striker mungil yang baru saja menginjakan kakinya di lapangan hijau  itu suskes memperdaya Iker Casillas lewat sepakan jarak dekatnya. Gol Di Natale  tak lepas dari umpan brilian  Pirlo dari lini tengah.

Namun, keunggulan Italia  hanya bertahan tiga menit saja. Spanyol berhasil menyamakan skor melalui Cesc Fabregas, pemain tengah yang di laga ini diplot sebagai striker ini melepaskan sepakan akurat yang tak mampu dihentikan Buffon dari jarak dekat. David Silva menjadi kreator gol yang diukir Fabregas

Spanyol berpeluang membalikan keadaan. Semenit setelah menggantikan Fabregas, Fernando Torres  yang lepas dari perangkap offside nyaris langsung membobol gawang Italia. Sayang, dia terlalu lama menembak bola, Buffon berhasil menghalaunya terlebih dahulu.

Italia membalas tiga menit kemudian lewat Di Natale yang terlepas dari kawalan Gerard Pique di kotak penalti. Akan tetapi, striker gaek itu gagal memaksimalkan umpan brilian  Sebastian Giovinco dari sisi kanan. Sepakan volley-nya menjauh dari gawang.

Lima menit jelang usai Torres kembali  memperoleh kesempatan emas. Sayangnya, Torres  lagi - lagi  gagal menaklukkan Buffon kendati kiper Juventus itu sudah out possesion. Tendangan chip bomber Chelsea itu masih terlalu tinggi. Spanyol telah banyak menyia-nyiakan peluang bagusnya.

Serangan Spanyol kembali dibalas Italia melalui Marchisio. Mendapat bola dari lini tengah,  gelandang Juventus ini melewati hadangan beberapa pemain Spanyol dan merangsek ke kotak penalti dan kemudian melakukan kerja sama dengan Motta.  Sayang sepakan pemain bernomor punggung 8 itu terlalu pelan sehingga dengan mudah ditangkap Casillas.

Jelang laga bubaran Spanyol masih ngotot untuk menambah gol, salah satunya via sepakan jarak jauh Xabi Alonso, sial lesatan kaki kanan jenderal lini tengah Real Madrid itu melebar ke kiri gawang Buffon. Hingga wasit meniup peluit panjang skor 1-1 pun tidak berubah.

Dengan hasil ini kedua tim berhak mendapat satu poin. [is]

Susunan Pemain:

Spanyol: 1-Iker Casillas, 15-Sergio Ramos, 3-Gerard Piqué, 18-Jordi Alba, 17-Álvaro Arbeloa, 16-Sergio Busquets, 14-Xabi Alonso, 8-Xavi, 6-Andrés Iniesta, 10-Cesc Fábregas (9-Fernando Torres 74), 21-David Silva (22-Jesus Navas 65).

Italia: 1-Gianluigi Buffon, 16-Daniele De Rossi, 19-Leonardo Bonucci, 3-Giorgio Chiellini, 5-Thiago Motta (23- Antonio Nocerino 90) , 21-Andrea Pirlo, 8-Claudio Marchisio, 13-Emanuele Giaccherini, 2-Christian Maggio, 10-Antonio Cassano (20- Sebastian Giovinco 64), 9-Mario Balotelli (11- Antonio Di Natale 56).

Wasit: Viktor Kassai (Hungaria)

Statistik Pertandingan Spanyol Vs Italia:

shots on target :     7 - 6    
shots off target :     8 - 5    
possession (%) :     60 - 40    
corner kicks :     7 - 2    
offsides :     2 - 3    
fouls :     12 - 20    
yellow cards :     3 - 4    
red cards :     0 - 0  

Foto: Getty Images/Uefa.com
 

MOST POPULAR