POST DETAIL

Minggu, 10 Juni 2012 - 13:52

Galeri Foto: Jerman Benamkan Portugal

Seruu.com - Jerman menuai tiga poin bersih di matchday pertama Grup B Euro 2012 setelah berhasil membenamkan tim kuat  Portugal dengan skor tipis 1-0 Minggu (10/6/2012) dini hari WIB di Stadion Arena Lviv, Ukraina. Gol tunggal Der Panzer dilesakan Mario Gomez di babak kedua.

Jerman lebih mendominasi jalannya laga di menit - menit awal. Bahkan, serangan Der Panzer lewat sepakan keras Lukas Podolski dari kotak penalti di menit sembilan nyaris saja berbuah gol. Namun, tendangan striker yang musim depan berseragam Arsenal itu dapat dipatahkan kiper Portugal, Rui Patricio.

Menit '17,  Portugal yang lebih mengandalkan serangan balik yang cepat memperoleh peluang lewat Cristiano Ronaldo. Mendapatkan umpan dari Fabio Coentrao, pemain Real Madrid tersebut mengirimkan umpan matang ke kotak penalti lawan, sayang tidak ada rekannya yang mampu memanfaatkan umpan tersebut.

Jerman terus mendominasi permainan di paruh pertama ini, Podolski mendapatkan peluang keduanya ketika laga berlangsung setengah jam. Kali ini ia memanfaatkan umpan matang dari Mesut Ozil, namun sayang shooting bomber lincah keturunan Polandia itu masih melayang jauh di atas mistar gawang Portugal.

Pada 15 menit terakhir babak pertama, Jerman terus memberi tekanan sehingga sangat jarang memberi kesempatan kepada lawannya untuk melakukan serangan. Namun, justru Portugal yang mendapatkan peluang emas di menit akhir babak pertama.

Bek Real Madrid, Pepe hampir memecah kebuntuan melalui tembakan kerasnya di kotak penalti memanfaatkan kemelut di depan gawang Jerman, sayang tendangannya masih membentur mistar gawang sehingga kedudukan 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua permainan berlangsung jauh lebih menarik dan terbuka. Der Panzer yang di paruh pertama menguasai jalannya sama sekali tidak mengendurkan tekanan. Semenit babak kedua berlangsung Podolski mendapat kesempatan untuk mengukir gol, sayang sepakannya masih bisa diblok pemain belakang Portugal.

Menit '63 giliran Portugal mengancam gawang Jerman via Ronaldo. Mendapat umpan terobosan dari Joao Moutinho, Ronaldo merangsek ke jantung pertahanan Jerman Namun, ikhtiar kapten Portugal itu masih mampu dihalau bek Jerome Boateng.

Sembilan menit berselang gol akhirnya tercipta dan dicetak kubu Jerman. Mario Gomez suskes memecah kebuntuan pada menit '72. Tandukan akuratnya dari dalam kotak penalti memaksimalkan crossing memanjakan Sami Khedira yang mengarah ke ke pojok kiri gawang tak mampu ditepis  Patricio.

Tertinggal satu gol memaksa Portugal meningkatkan serangan untuk menyamakan kedudukan. Peluang emas didapat Luis Nani pada menit ke '85. Sayang, tendangannya dari sisi kanan masih membentur mistar gawang Jerman.

Tiga menit kemudian finalis Euro 2004 ini kembali mendapat peluang emas. Namun, Varela gagal menyarangkan bola meski sudah berhadapan dengan kiper Neuer. Tembakan pemain pengganti itu mampu diblok Neuer.

Di masa injury time Portugal kembali mendapat peluang emas. Ronaldo melakukan pergerakan di dalam kotak penalti dan mengirimkan bola kepada Nani, yang diteruskan dengan tendangan berbahaya, namun masih membentur badan salah satu pemain Jerman. Skor 1-0 bagi keunggulan Der Panzer akhirnya bertahan hingga pertandingan usai.

Kemenangan ini menempatkan Mesut Ozil Cs bersanding dengan Denmark di pucuk klasemen Grup B dengan raihan poin identik, tiga poin. [is]

Susunan Pemain:
Jerman: 1-Manuel Neuer, 14-Holger Badstuber, 5-Mats Hummels, 16-Philipp Lahm, 20-Jerome Boateng, 7-Bastian Schweinsteiger, 6-Sami Khedira, 10-Lukas Podolski, 13-Thomas Mueller (15-Bender 92), 23-Mario Gomez (11-Klose 80), 8-Mesut Oezil (18-Kroos 84)

Portugal: 12-Rui Patricio, 2-Bruno Alves, 3-Pepe, 5-Fabio Coentrao, 21-Joao Pereira, 4-Miguel Veloso, 8-Joao Moutinho, 16-Raul Meireles (18-Varela 80), 7-Cristiano Ronaldo, 23-Helder Postiga (11-Nelson Oliviera 70), 17-Nani

Wasit: Stephane Lannoy

Statistik pertandingan Jerman Vs Portugal:

shots on target :     3 - 4    
shots off target :     7 - 5    
ball possession (%) :     57 - 43    
corner kicks :     2 - 11    
offsides :     1 - 1    
fouls :     15 - 19    
yellow cards :     2 - 2    
red cards :     0 - 0

MOST POPULAR