POST DETAIL

Senin, 4 Juni 2012 - 16:30

Galeri Foto : Demo Tukang Gigi di DPR RI Tuntut Pencabutan Permenkes

Jakarta, Seruu.com - Sekitar 300 Para pekerja gigi palsu yang tergabung dalam ITGI (Ikatan Tukang Gigi Indonesia) menggelar aksi di depan Gedung DPR MPR, Jalan Gatot Subrito, Jakarta-Selatan, pada Senin (4/6/2012) siang. Mereka memprotes aturan Menteri Kesehatan yang melarang mereka beroperasi.

Massa dari para pekerja ini melakukan orasi dan membentangkan poster dan memasang baliho besar persis di depan pagar gedung DPR yang berisikan kekecewaan mereka atas kebijakan Permenkes Nomor 1871/Menkes/Per/IX/2011 tentang Pencabutan Permenkes Nomor 339/Menkes/ Per/V/1989  perihal  pekerjaan tukang gigi.

Faisol yang menjadi kordinator ITGI menyebutkan,"Kenapa kita (Para tukang gigi) musti diberangus ? ada 75 ribu yang bekerja menjadi tukang gigi. Profesi yang kita lakukan tidak melanggar hukum dan membantu pemerintah dengan profesi yang kita lakukan."

Aksi Faisol dan para teman-teman profesinya akhirnya membuat salah satu Anggota DPR dari komisi IX Nursuhut, keluar gedung dan menemui para massa dari ITGI. "Tidak ada yang salah dengan tukang gigi. Bahkan dari kecil, keluarga saya juga pergi ke tukang gigi kalau ada persoalan gigi." ujar Nursuhut yang langsung mendapat tepuk tangan dari para pekerja gigi.

Rencananya ITGI sendiri akan menyambangi Departemen Kesehatan untuk persoalan ini. "Namun, kita belum menetapkan, kapan kita akan ke Depkes." ujar Faisol menjelaskan. Pria asal Jember ini juga mengatakan bahwa, jumlah massa dari ITGI akan terus bertambah untuk aksi-aksi ke depannya.

Sebelum Aksi yang dilakukan ITGI, Kamis (31/5/2012) pekan lalu, para pekerja gigi Jawa-Timur juga menyambangi Gedung DPRD Surabaya dengan tuntutan yang sama. [john]

MOST POPULAR