POST DETAIL

Kamis, 24 Mei 2012 - 22:24

Kemenpora Galang Mahasiswa Untuk Dikirim Jadi Supporter Olimpiade

Jakarta, Seruu.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyiapkan mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang sedang studi di London untuk menjadi suporter bagi atlet-atlet nasional yang akan berlaga di Olimpiade London pada 27 Juli-12 Agustus 2012.

"Mahasiswa Indonesia kan banyak di sana (London). Kami sudah bekerja sama dengan KBRI setempat untuk mendukung atlet kita," kata Deputi Kemenpora Bidang Pembinaan dan Peningkatan Prestasi, Djoko Pekik, di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (24/5/2012).

Mahasiswa Indonesia di London juga akan diminta menjadi Perwira Penghubung (Liaison Officer-LO) bagi Tim Olimpiade Indonesia, tutur Djoko.

Djoko mengatakan, Kemenpora akan membiayai pembelian tiket bagi para suporter tersebut. "Kami yang akan membelikan tiket, tapi ya sesuai kemampuan. Tiket olimpiade kan cukup mahal juga," ujarnya.

"Para atlet yang berlaga di Olimpiade nanti juga mendapatkan jatah dua tiket gratis, nah itu juga bisa digunakan. Seperti cabang bulu tangkis yang meloloskan sembilan atlet, jadi ada 18 tiket gratis yang bisa dipakai untuk suporter," tambah Djoko.

Namun Djoko menuturkan, para suporter tersebut juga akan dipilih secara selektif.

Sementara itu, menurut data, terbaru yang diperoleh dari Kemenpora, jumlah atlet yang pasti lolos ke Olimpiade hingga saat ini yakni 17 orang dari empat cabang olahraga antara lain bulu tangkis, angkat besi, panahan, dan anggar. "Target kami 24 atlet lolos ke Olimpiade," kata Djoko.

Sisa tujuh atlet lagi yang diharapkan dapat lolos ke Olimpiade yakni dari cabang renang, atletik, panahan, voli pantai, dan layar.

Untuk cabang renang, Kemenpora menargetkan dua atau tiga atlet tambahan untuk lolos ke Olimpiade. Sedangkan cabang panahan, masih ada kans meloloskan tim recurve beregu putri.

Sementara itu untuk atletik hanya tinggal berharap mendapatkan wild card. Voli pantai dan layar juga diharapkan dapat memperbaiki prestasi di babak kualifikasi Olimpiade. [ndis]

MOST POPULAR