POST DETAIL

Rabu, 16 Mei 2012 - 13:32

Galeri Foto: Blackbox Sukhoi Super Jet 100 ditemukan

Bogor, Seruu.com - Tim SAR dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD yang diterjunkan ke lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100,  akhirnya berhasil menemukan black box pesawat naas buatan Rusia itu. Instrumen di pesawat yang berfungsimerekam pembicaraan pilot itu ditemukan Selasa (15/5) sekitar pukul 10.00 WIB.

Penemunya adalah anggota Kopassus bernama M Taufik. Anggota pasukan elit berpangkat Letnan Satu itu menemukan black box yang berada sekitar 100 meter dari puing-puing ekor pesawat.

"Black box tersebut ditemukan di dasar Gunung Salak Bogor di kedalaman 200 meter yang berjarak sekitar 100 meter dari puing-puing ekor pesawat," kata Danrem 061 Suryakencana, Letkol AM Putranto dalam jumpa pers di Posko Evakuasi yang terletak di Balai Pembiakan Embrio Ternak, Cipelang, Bogor, Selasa (15/5/2012) malam.

Dari lokasi penemuan,  black box itu dibawa melalui jalur darat ke Posko Cipelang dengan jarak tempuh tiga jam. Selanjutnya, black box itu diserahkan ke Ketua Tim SAR Kopassus, Letkol (Inf) Taufk Sobri unjtuk dibawa Posko Pasir Pogor.

Menurut Putranto, Tim SAR Kopassus meyakini temuannya itu sebagai black box karena sebelumnya pernah diperlihatkan foto tentang instrumen penting di pesawat itu. Selanjutnya, kotak hitam akan diserahkan ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk diteliti.

Kotak hitam itu akan diserahkan ke KNKT pada Rabu (17/5) pagi. Dari black box ini pula akan diketahui tentang penyebab naasnya pesawat berpenumpang 45 orang yang dipiloti Alexander  Yablontstsev itu. [ms]

Sumber Foto: AP Photo/Reuters Pictures/Getty Images/Daylife

MOST POPULAR