POST DETAIL

Sabtu, 12 Mei 2012 - 15:12

Galeri Foto: Pencarian Korban Sukhoi di Gunung Salak

Bogor, Seruu.com - Sejumlah korban kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 ditemukan tim pencari dan penyelamat (SAR) gabungan, Jumat, dan langsung dievakuasi menggunakan kantong jenazah.

Jenazah-jenazah yang dimasukkan dalam 12 kantong itu ditemukan di ketinggian 2.005 meter dari permukaan laut (mdpl) di lokasi jatuhnya pesawat di Gunung Salak di Bogor, Jawa Barat.

"Kami menemukan jenazah tersebut di ketinggian sekitar 2.005 mdpl dan setelah disisir akhirnya kami menemukan jenazah korban kecelakaan pesawat," kata anggota Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) yang tergabung dengan Tim Search and Rescue (SAR) Gabungan, Ridwan Hakim, kepada wartawan Jumat malam.

Menurut dia, setelah disisir tim menemukan empat jenazah, dua berkelamin laki-laki dan sisanya perempuan.

Kemudian, tim langsung memindahkan mereka ke empat kantong jenazah.

Saat ini empat kantong jenazah yang tubuh korban tersebut sudah berada di Puncak Salak I. Jenazah korban ditemukan sekitar pukul 10.15 WIB dan dievakuasi sekitar pukul 12.15 WIB, kemudian tim langsung turun dan tiba di posko utama di Kampung Pasir Manggis, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Anggota Mapala UI yang ikut hanya tiga orang, kami bersama tim dari Marinir AL jumlahnya mencapai puluhan dan silih berganti memunguti dan mencari serpihan jasad korban," kata Ridwan.

Ditambahkannya, untuk mencapai lokasi di mana pesawat tersebut jatuh, dirinya harus melakukan rappeling dengan menuruni tebing setinggi 10 meter, kondisi saat ditemukan badan pesawat sudah tidak utuh dan diduga bagian pesawat lainnya masuk ke jurang dengan kedalaman sekitar 500 meter.

"Cukup sulit masuk ke lokasi, karena medan yang berat tetapi dengan kerjasama akhirnya bisa mencapai lokasi," demikian Ridwan. [Antara]


Sumber Foto: Reuters Pictures/AP Photo/Daylife
 

 

MOST POPULAR