POST DETAIL

Kamis, 3 Mei 2012 - 11:33

Foto: Real Madrid Kampiun Liga Spanyol

Seruu.com - Real Madrid sukses menggulung tuan rumah Athletic Bilbao dengan skor mencolok 3-0 pada Rabu (2/5/2012) malam waktu setempat di San Memes. Kemenangan tersebut memastikan Los Blancos merebut gelar juara Primera Liga Spanyol musim 2011/12.

Cristiano Ronaldo telah menjadi bagian penting dari kesuksesan Real Madrid musim ini tetapi, di laga ini ia membuang kesempatan emas di menit '12. Pemain asal Portugal ini gagal mengeksusi penalti, sepakannya diblok kiper Bilbao Gorka Iraizoz. Madrid memperoleh penalti setelah Javi Martinez secara tidak perlu menyentuh bola dengan tangan di dalam kotak penalti.

Namun, empat menit berselang Madrid akhirnya mampu memimpin lebih awal lewat Gonzalo Higuain. Bomber asal Argentina ini melesakan gol luar biasa untuk membawa Madrid unggul 1-0.

Playmaker jempolan Mesut Ozil menggandakan keunggulan tim tamu pada menit '20. Ozil menggetarkan gawang Iraizoz mengoptimalkan umpan silang Xabi Alonso. Skor berubah 2-0  dan bertahan hingga laga bubaran.

Usai jeda, Madrid dengan cepat menguasai pertandingan. Hasilnya, gol ketiga pun lahir pada menit ke-50. Higuain melewati empat pemain sebelum melepaskan tembakan yang menghasilkan tendangan penjuru. Dari situasi bola mati itu, Alonso melepas umpan ke kotak enam yard dan disambut Ronaldo tanpa pengawalan berarti.

Bilbao harus bermain dengan sepuluh orang sejak menit ke-73 karena Javi Martinez memperoleh kartu kuning kedua. Perlawanan tuan rumah pun praktis berakhir. Kedudukan 3-0 bertahan hingga peluit panjang wasit.

Dengan hasil ini, Madrid  membukukan 94 poin atau unggul 7 angka atas Barcelona yang menguntit di posisi dua. Dengan dua laga tersisa poin Madrid mustahil dikejar Barcelona.

Kemenangan ini  juga memastikan Madrid menggenggam trofi La Liga musim ini atau kali pertama dalam 4 musim serta gelar ke-32 sepanjang sejarah. Kini Madrid dapat membukukan rekor lain dengan meraih 100 poin dalam dua laga tersisa musim ini. Selain itu, Jose Mourinho juga mengukir rekor tersendiri dengan melengkapi koleksi gelar juara liga setelah sukses di FC Porto (Portugal), Chelsea  (Inggris), dan Inter Milan (Italia). [gl/is]

 

MOST POPULAR