POST DETAIL

Rabu, 25 April 2012 - 15:37

Foto: Drama di Camp Nou, Chelsea Singkirkan Barcelona

Seruu.com - Chelsea akhirnya berhasil menginjakan kaki ke final Liga Champions setelah menyisihkan tim favorit Barcelona. The Blues secara dramatis mampu menahan imbang Azulgrana yang bermain di depan publiknya dengan skor 2-2. Hasil itu membuat Chelsea unggul agregat 3-2 dan berhak ke final menantang pemenang duel Bayern Muenchen kontra Real Madrid.


Hebatnya, dalam partai yang dihelat di Stadion Camp Nou, Rabu (25/4/2012) dinihari WIB, Chelsea mengimbangi Barca dengan kekuatan sepuluh pemain sejak menit '44 menyusul dikartu merahnya John Terry. Dua gol The Blues dicetak Ramires dan Fernando Torres, uniknya kedua gol Chelsea dilesakan di masa injury time babak pertama dan injury time babak kedua.

Sementara bagi Barca, kekalahan ini sangat menyesakan. Pasalnya, skuad asuhan Pep Guardiola itu hampir menguasai seluruh penguasaan bola dan mengontrol pertandingan dan memaksa Chelsea bermain dengan daya defensif. Adapun dua gol Blaurgana dilesakan oleh Sergio Busquets serta Andres Iniesta. Penampilan minor ditunjukan Lionel Messi, ia tak mampu mencetak gol dan gagal mengeksekusi penalti.

Sadar tertinggal satu gol di leg pertama pekan lalu, Barca langsung bermain menyerang dengan mengandalkan tiga strikernya. Di menit - menit awal hingga pertengahan babak pertama upaya mereka selalu gagal karena rapatnya pertahanan Chelsea.

Peluang emas pertama didapat Barca lewan Lionel Messi pada menit '19, setelah melakukan kerjasama satu dua dengan  Cesc Fabregas, Messi tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Petr Cech, namun sepakan pemain terbaik Dunia 2011 itu dari dalam kotak penalti secara gemilang mampu dipatahkan Cech.

Usaha Azulgrana baru berbuah manis pada menit '34 lewat Sergio Busquets. Gelandang bertahan timnas Spanyol itu mencetak gol lewat sepakan dari jarak dekat mengoptimalkan umpan menyilang  Isaac Cuenca  dari sisi kiri. Gol itu mengubah agregat menjadi 1-1.

Dua menit setelah gol  Busquets petaka kembali menghampiri kubu Chelsea. Sang kapten, John Terry diganjar kartu merah langsung oleh wasit menyusul aksi tidak sportifnya terhadap Sanchez. Bek timnas Inggris terlihat menendang bokong Sanchez dengan dengkul saat menunggu lemparan ke dalam.

Unggul 1-0 dan jumlah pemain membuat Barca kian leluasa menekan Chelsea, hasilnya gol kedua pun tinggal menunggu waktu. Tepat pada menit '43, Blaurgana sukses menggandakan keunggulan melalui Andres Iniesta. Playmaker jempolan itu memperdaya Cech dengan tembakan akuratnya dari dalam kotak penalti. Gol Iniesta tak lepas dari umpan memanjakan Messi. Skor agregat berubah menjadi 2-1 bagi keunggulan Barca.

Tepat di menit '45+1  Chelsea membuat kejutan, klub asal kota London itu berhasil memperkecil ketertinggalan. Umpan brilian Frank Lampard dari tengah lapangan dapat dikuasai Ramires di kotak penalti, sesaat kemudian gelandang asal Brasil itu dengan cerdik melepaskan sepakan lob indah yang tak mampu dijangkau kiper Victor Valdes. Skor berubah menjadi 2-1 atau agregat 2-2.

Babak kedua berlangsung empat menit Barca memiliki kesempatan emas setelah dihadiahi tendangan penalti menyusul pelanggaran Didier Drogba terhadap Cesc Fabregas di kotak keramat. Namun, sangat disayangkan Messi yang menjadi algojo gagal melakukan tugasnya. Tendangan penaltinya menghantam mistar gawang.

Kegagalan penalti Messi membuat punggawa Barca kian rajin menekan pertahanan Chelsea. Menit '53, tandukan Sanchez nyaris saja mengubah kedudukan, sayang arah sundulannya masih melebar tipis. Pada menit '62  peluang juga didapat Cuenca, sial sepakannya dari jarak dekat secaa cemerlang diblok Cech.

Laga mulai berjalan monoton dan satu arah, Barca terus menggempur dan menekan  Chelsea, namun menumpuknya pemain Chelsea di daerah pertahanan membuat Messi Cs kesulitan untuk mencetak gol tambahan.

Di menit '82 Sanchez mengoyak gawang Cech lewat tendangan mendatar meneruskan umpan Dani Alves. Namun, gol itu dianulir sang pengadil karena Alves terperangkap offside lebih dulu.

Semenit kemudian Barcelona  hampir mencuri gol tambahan. Namun kali ini, bola hasil dari tembakan Messi dari luar kotak penalti hanya membentur tiang gawang.

Jelang bubaran Javier Mascherano nyaris mengubah kedudukan. Akan tetapi sepakan keras Mascherano mampu dipatahkan Cech yang memang tampil cemerlang.

Di masa tambahan waktu  Chelsea justru mencuri gol penyama kedudukan. Fernando Torres yang lolos dari penjagaan pemain Barcelona mampu memperdaya Victor Valdes. Bomber yang masuk sebagai pemain pengganti ini lolos dari jebakan offside, Torres sukses mengecoh Valdes dan melesakan bola ke gawang yang lowong. Skor pun berubah 2-2 dan Chelsea berhasil maju ke final.

Di laga ini Barcelona menguasai 73 persen penguasaan bola dan Chelsea hanya 28 persen saja. Selain itu Messi Cs juga melepaskan 22 tembakan dan 5 diantaranya tepat sasaran, sementara Chelsea 7 kali dan 3 mengenai target. Barca mendapat 10 sepak pojok dan Chelsea 1.

Di pertandingan ini wasit mengeluarkan delapan kartu kuning, 2 bagi Barca dan enam buat The Blues dan sang pengadil juga mengeluarkan satu kartu merah bagi pemain Chelsea. [is]

Susunan pemain
Barcelona (3-4-3): 1-Victor Valdes, 14-Javier Mascherano, 5-Carles Puyol, 3-Gerard Pique (2-Daniel Alves 26), 16-Sergio Busquets, 6-Xavi, 8-Andrés Iniesta, 4-Cesc Fábregas (15-Seydou Keita 74), 10-Lionel Messi, 39-Isaac Cuenca (37-Cristian Tello 67), 9-Alexis Sanchez.

Chelsea (4-5-1): 1-Petr Cech, 26-John Terry, 24-Gary Cahill (17-Jose Bosingwa 12), 3-Ashley Cole, 2-Branislav Ivanovic, 8-Frank Lampard, 16-Raul Meireles, 12-John Mikel Obi, 7-Ramires, 10-Juan Mata (21-Salomon Kalou 58), 11-Didier Drogba (9-Fernando Torres 80)

MOST POPULAR