POST DETAIL

Kamis, 19 April 2012 - 13:24

Foto: Chelsea Jungkalkan Barcelona

London, Seruu.com - Gol tunggal Didier Drogba dan kegemilangan Petr Cech di bawah mistar membawa Chelsea menjungkalkan juara bertahan Liga Champions, Barcelona di leg pertama babak semfinal Liga Champions di Stadion Stamford Bridge, Kamis (19/4/2012) dinihari WIB. 

Drogba menjadi bintang lapangan di laga ini berkat gol tunggalnya di injury time babak pertama.

Kick off berbunyi Barcelona yang bertindak sebagai tamu seperti biasa langsung menguasai bola dalam waktu yang lama. Tampak jelas El Barca sangat mendominasi permainan dan menguasai ball possession. Skuad asuhan Pep Gaurdiola ini bahkan langsung mengurung lini pertahanan The Blues.

Peluang emas didapat Barca lewat Alexis Sanchez pada menit kedelapan. Striker asal Chile ini berhasil lepas dari perangkap offside saat menyambut umpan chip Andres Iniesta. Ia melepaskan tendangan lob  melewati Petr Cech. Sial,  cungkilannya gagal berbuah gol karena menghantam mistar gawang.

Di pertengahan babak pertama Barca kembali memperoleh peluang, kali ini lewat Lionel Messi. Mendapat sodoran dari Cesc Fabregas Pemain Terbaik Dunia ini langsung melepaskan sepakan lob dari jarak dekat. Tembakannya berhasil melewat Cech, namun secara luar biasa bola  yang tinggal berjarak beberapa centimeter dari garis gawang dapat disapu Ashley Cole. Barca kembali gagal mencetak gol.

Chelsea yang banyak tertekan lebih sering melakukan serangan balik. Namun, secara mengejutkan taktik mereka membuahkan hasil pada masa injury time menit pertama babak pertama. Umpan jauh Frank Lampard berhasil dikuasai oleh Ramires di sisi kiri, gelandang asal Brasil ini kemudian mengirim crossing mendatar yang disambut sepakan first time Drogba. Bola sepakan Drogba melesat deras dan tak mampu dihalau kiper Victor Valdes. Chelsea ungggul 1-0 dan bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua situasi tak jauh berbeda, Barca tetap mendominasi jalannya pertandingan bahkan lebih dominan. Peluang didapat Barca pada awal paruh kedua lewat tembakan keras Adriano, beruntung bagi Chelsea, Cech dengan sigap menjatuhkan badannya untuk memblok sepakan keras Adriano.

El Barca terus menyerang dari berbagai sisi. Menit '56 peluang emas diperoleh Sanchez, namun kembali tidak berujung gol, sepakan Sanchez memaksimalkan umpan lob Fabregas hanya melebar beberapa centimeter dari gawang Cech.

Xavi Hernandez mencoba peruntungannya lewat tendangan bebas di menit '69, namun tembakan kaki kanannya melambung di atas mistar.

Memasuki 20 menit akhir praktis Barcelona menguasai jalannya laga dengan terus melancarkan tekanan dan ancaman,  sementara Chelsea bermain defensif dengan menumpuk banyak pemain di lini pertahanan dan hanya mengandalkan serangan balik.

Staregi yang diterapkan Chelsea membuat pemain Barca kesulitan membongkar pertahanan untuk mencetak gol balasan. Namun kendati sulit, Barca tetap memperoleh peluang.

Tepat di menit '86 sebuah header akurat dilepaskan Carles Puyol meneruskan tendangan bebas Messi. Sayang, bola secara brilian ditepis Cech. Upaya Barca pun  kembali terpatahkan.

Di masa injury time Azulgrana kembali mendapat peluang, namun tiang gawang menjadi penghalang Pedro Rodriguez mencetak gol penyama. Tembakannya dari luar kotak penalti menerpa tiang. Bola liar kemudian disambut sepakan Sergio Busquets dari dalam kotak penalti, sayang tendangannya terlalu tinggi. Akhirnya hingga laga bubaran skor 1-0 bagi keunggulan Chelsea tetap bertahan.

Dalam laga ini Barca menguasai ball possession sebanyak 72 persen, sementara Chelsea 32 persen. Skuad Pep Guardiola juga sukses melepaskan 24 tembakan ke gawang dan 6 diantaranya mengenai sasaran, sementara Chelsea hanya melepaskan 5 tendangan saja. Barca mendapat 8 sepak pojok di partai ini dan Chelsea hanya satu kali.

Empat kartu kuning dikeluarkan wasit di pertandingan ini, dua untuk Chelsea (Drogba dan Ramires) dan 2 bagi Barca (Pedro dan Busquets).

Kekalahan dari Chelsea merupakan kekalahan pertama yang diderita Barca di kompetisi  Liga Champions sejak dibekuk Arsenal 2-1 Februari 2011. Sementara bagi Chelsea kemenangan ini membuat mereka berpeluang besar melaju ke final, The Blues hanya butuh hasil imbang saja saat menjalani leg kedua semifinal di markas Barca, Camp Nou, sepekan kemudian. [is]
 

MOST POPULAR