POST DETAIL

Minggu, 15 April 2012 - 16:55

Foto: Liverpool Pecundangi Everton

Seruu.com - Andy Carroll muncul sebagai pahlawan kemenangan saat Liverpool mempecundangi tim sekota Everton di fase semifinal Piala FA. Bomber kekar berambut gondrong ini mengukir gol penentu di menit - menit akhir untuk membawa The Reds menang 2-1 dan menggnggam tiket final.

Carroll yang berstatus striker termahal di Inggris mencetak gol pada menit '86, gol tersebut mengantarkan Liverpool melaju ke final Piala FA untuk kali pertama sejak 2006.

Bermain di stadion kebanggaan publik Inggris, Wembley, Sabtu (14/4/2012) malam WIB, Liverpool berinisiatif menekan lebih dulu dan mendapat peluang pada menit ketiga lewat Jay Spearing, sayang tendangan gelandang muda yang belum mencetak gol dalam 48 laga ini sedikit melambung di atas mistar.

Berselang beberapa menit giliran Everton yang mengancam, pertama lewat tendangan bebas Leighton Baines yang melayang di atas mistar dan kedua lewat tendangan salto Nikica Jelavic yang belum berbuah gol karena mampu diantisipasi oleh kiper Brad Jones.

Liverpool kembali memperoleh peluang emas, sayang upaya Martin Skrtel melepaskan sepakan keras dari kotak penalti mampu dibendung Tim Howard.

Tepat di menit '24 skor akhirnya berubah menjadi 1-0 untuk kemenangan Everton. Gawang Jones dibobol oleh Jelavic yang dengan cerdik melepaskan sepakan terukur dari jarak dekat setelah memanfaatkan kesalahan dua defender Liverpool, Jamie Carragher dan Daniel Agger dalam menghalau bola. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Menit '62 Liverpool berhasil menyamakan kedudukan lewat Luis Suarez. Backpass lemah Sylvain Distin membuat bola mampu dicuri Suarez, melakukan dribble beberapa saat bomber asal Uruguay ini menghujamkan sepakan mendatar yang memperdaya Howard. Papan skor berubah 1-1.

Empat menit jelang laga usai Liverpool berbalik unggul setelah striker yang banyak dihujani kritik karena minim mencetak gol, Andy Carroll melepaskan tandukan akurat mengoptimalkan tendangan bebas Craig Bellamy untuk menggetarkan gawang Howard. Skor 2-1 tidak berubah hingga wasit Howard Webb meniup peluit panjang.

Di partai final Suarez dan kolega akan berhadapan dengan pemenang duel semifinal lainnya antara Chelsea kontra Tottenham Hotspur. [is]

MOST POPULAR