POST DETAIL

Rabu, 4 April 2012 - 14:31

Foto: Barcelona Rontokan Milan

Barcelona, Seruu.com -  Barcelona berhasil menginjakan kakinya ke babak semifinal Liga Champions setelah merontokan klub raksasa Italia AC Milan di fase perempat final.

Di leg kedua delapan besar yang berlangsung, Rabu (4/4/2012) dinihari WIB tadi do Camp Nou, Blaurgana sukses melumat Milan dengan skor 3-1 yang artinya meloloskan klub besutan Pep Guardiola itu ke empat besar dengan skor agregat 3-1. Sebelumnya di leg pertama di markas Milan pekan lalu kedua tim main imbang 0-0.

Lionel Messi kembali menjadi sosok pahlawan, dua gol penaltinya di babak pertama punya andil besar meloloskan Barca. Dua gol tersebut menjadikannya top skor sementara Liga Champions dengan 14 gol. Sementara satu gol lagi dilesakan oleh Andres Iniesta di paruh kedua. Adapun gol semata wayang Milan dilesakan oleh
Antonio Nocerino.

Tampil di depan publik sendiri Barcelona mendominasi pertandingan sepanjang sepuluh menit awal pertandingan. Sebuah serangan cepat pada menit keempat dapat dipatahkan Christian Abbiati. Sementara, kerja sama Cesc Fabregas dan Dani Alves tidak membuahkan hasil.

Laga berjalan menit sebelas Barca mampu mempimpin lebih dulu. Pelanggaran Luca Antonini terhadap Messi di kotak keramat membuat wasit menunjuk titik putih. Messi yang menjadi eksekutor sukses memperdaya Abbiati, meski arah bola terbaca namun tendangan Messi sangat terukur dan gol pun tak terhindarkan.

Namun, papan skor itu berubah pada menit '32, Milan berhasil menyamakan skor lewat Nocerino. Gelandang asal Italia itu berhasil lepas dari jebakan offside dan  menjejalkan si kulit bundar meneruskan sodoran akurat Zlatan Ibrahimovic. Sontekan terukur Nocerino bersarang di jala gawang VIictor Valdes.

Messi mengembalikan keunggulan tuan rumah empat menit sebelum turun minum atau gol ke -14 nya di Liga Champions musim ini. Gol kembali dihasilkan dari titik penalti. Kali ini kejadian sedikit kontroversial karena wasit Bjorn Kuipers dianggap terlalu lunak dalam menilai pelanggaran Alessandro Nesta terhadap Sergio Busquets di area terlarang. Sepakan kaki kidal Messi yang mengarah ke kiri gawang mengecoh Abbiati yang menjatuhkan diri ke arah sebaliknya.

Ineista akhirnya memastikan kemenangan Barcelona. Tepat di menit '53, gelandang enerjik timnas Spanyol ini berhasil menggetarkan gawang Abbiati lewat sepakan akuratnya dari jarak 6 meter memaksimalkan bola liar tendangan Messi yang dibelokan Philippe Mexes.

Di sisa laga Milan coba mengejar ketertinggalan dan mencari keajaiban, namun dominasi Barca dalam mengendalikan permainan membuat Il Daviolo Rosso sulit mencetak gol. Alhasil skor 3-1 bagi keunggulan Azulgrana bertahan hingga laga bubaran.

Kemenangan atas  Milan menjadikan Barca sukses melaju ke babak semifinal untuk lima kali berturut - turut, merupakan rekor turnamen dan di semifinal Messi Cs akan menghadapi pemenang duel Chelsea kontra Benfica. Leg pertama semifinal akan berlangsung pada 18 April. [is]

Susunan Pemain:

Victor Valdes; Daniel Alves, Piqué (Adriano 75), Mascherano, Puyol; Xavi Hernandez (Thiago Alcantara 63), Busquets, Iniesta; Messi, Fabregas (Keita 78), Isaac Cuenca

Milan: Abbiati; Abate, Nesta, Mexes, Antonini; Nocerino, Ambrosini, Seedorf (Aquilani 60); Boateng (Pato 70) (Maxi Lopez 83); Robinho, Ibrahimovic

MOST POPULAR