POST DETAIL

Selasa, 27 Maret 2012 - 22:34

Galeri Foto : Aksi Mahasiswa Makassar 27 Maret 2012

Makassar, Seruu.Com - Aksi penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang dilakukan oleh ribuan mahasiswa di Kota Makassar hari ini berakhir bentrok di halaman kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Jalan Uripsumuhardjo.

Kericuhan bermula saat mahasiswa dari lima perguruan tinggi menggelar orasi di bawah flyover Jalan Uripsumuhardjo. Saat itu mahasiwa yang berasal dari Universitas Islam Negeri (UIN), Universitas Muslim Indonesia (UMI), Universitas 45, Universitas Islam Muhammadiyah (UIM), dan Universitas Indonesia Timur (UIT) menutup perempatan dengan mobil truk. Ban pun dibakar.

Bahkan hingga berita ini diturunkan, Polisi belum sanggup meredam kericuhan. Justeru Massa semakin bergerak maju. Tembakkan gas air mata tak menyurutkan para mahasiswa. Polisi justeru tampak membabi buta saat sejumlah mahasiswa terjebak dan tertangkap oleh aparat. Akibatnya, sejumlah mahasiswa tersebut menjadi bulan-bulanan.

Untuk meredam aksi brutal dan semakin meluas. Polrestabes Makassar mengerahkan Brigade mobil (Brimob) berasal dari Detasemen A. Pengerahan Brimob dilakukan setelah polisi dari Satuan Sabhara Polretabes Makassar belum bisa meredakan aksi mahasiswa tersebut.

Mendapat tambahan tenaga baru, Polisi semakin menunjukan arogansinya dan merangsek maju. Mahasiswa yang mulai kelelahan pun terpaksa masuk kedalam kampus UIN. Namun, pasukan Brimob tetap merangsek masuk menggempur pengunjuk rasa hingga kedalam kampus.

Meski bentrok terjadi, belum ada laporan korban luka-luka serius akibat lemparan-lemparan batu itu. Satu orang wartawan sempat terkena lemparan batu. Belum ada informasi soal kerusakan parah yang diakibatkan bentrokan ini. [ksr]

MOST POPULAR