POST DETAIL

Selasa, 20 Maret 2012 - 12:11

Foto: Fabrice Muamba Tidak Sadarkan Diri dan Tersungkur di White Hart Line

Seruu.com - Pertandingan perempat final Piala FA antara Tottenham Hotspur melawan Bolton Wanderers  pada Sabtu waktu setempat atau Minggu (18/3/2012) dini hari WIB, di terpaksa  dihentikan setelah  gelandang Bolton, Fabrice Muamba, tidak sadarkan diri dan dilarikan ke rumah sakit.

Pemain kelahiran Kinshasa tersebut terlihat terjatuh dan tidak sadarkan diri, dengan tidak ada seorang pemain pun berada di dekatnya pada akhir babak pertama di White Hart Lane.

Beberapa petugas medis terlihat berupaya menyadarkan sang pemain, sebelum ia kemudian ditandu ke luar lapangan pada menit ke-41, saat skor dalam keadaan 1-1.

Muamba mengenakan masker oksigen dan diapit oleh beberapa paramedis dan staf medis Bolton ketika ia meninggalkan lapangan.

Wasit Howard Webb memanggil para pemain untuk meninggalkan lapangan sebelum kemudian diumumkan bahwa pertandingan tersebut dihentikan.

Mantan pemain Timnas Inggris U-21, Muamba, yang sempat mendapat penanganan di lapangan selama sekitar enam menit, dibawa ke rumah sakit sedangkan anggota paramedis berupaya untuk menyadarkannya.

Muamba, dinyatakan oleh dokter telah `memperlihatkan sedikit tanda-tanda kemajuan` pada Senin, meski ia masih harus menjalani perawatan intensif terhadap penyakit jantungnya. Pernyataan yang dikeluarkan rumah sakit London, di mana ia dirawat, menyebutkan, "Fabrice Muamba tetap dalam perawatan intensif di Rumah Sakit London Chest, di mana pada hari ini (Senin (19/3/2012)), ia memperlihatkan sedikit tanda-tanda kemajuan," lapor AFP.

"Jantungnya kini berdetak tanpa bantuan obat, dan ia juga menggerakkan tangan dan kakinya."

Namun prognosa jangka panjang terhadap Muamba, `masih belum jelas untuk beberapa waktu.` "Ia masih kritis dan akan meneruskan untuk dimonitor dengan teliti dan dirawat oleh staf di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit LondoN Chest.". [afp/ant]

MOST POPULAR