POST DETAIL

Jumat, 9 Maret 2012 - 17:12

Foto: United Jadi Pecundang di Old Trafford

Manchester, Seruu.Com - Manchester United (MU) takluk di kandang sendiri dengan skor akhir 2-3 dalam laga lawan Athletic Bilbao pada leg pertama fase 16 besar Liga Europa, Jumat (9/3).

Pertandingan berlangsung dengan tempo tinggi pada awal babak pertama. Bilbao mampu menciptakan peluang lebih dulu melalui Fernando Llorente pada menit ke-5. Sayang, tendangan kerasnya dari luar kotak penalti hanya menyamping tipis ke sisi kiri gawang MU yang dikawal David De Gea.

Sembilan menit berselang, giliran Javier Hernandez yang mendapat peluang. Namun, bola tembakan kaki kirinya dari luar kotak penalti memanfaatkan umpan terobosan Wayne Rooney mampu diantisipasi cukup baik oleh kiper Gorka Iraizoz,

Pertandingan itu sendiri berjalan seru. Kedua tim saling jual beli serangan sejak laga dimulai. Athletic mencoba menebar ancaman melalui penyerang andalan mereka Fernando Llorente di menit ketiga. Namun tendangannya dari luar kotak penalti masih berada tipis di sisi kiri gawang MU.

Keasyikan menyerang Bilbao justru melupakan pertahanan. Melalui serangan balik yang cepat MU membobol gawang tim tamu melalui Wayne Rooney pada menit ke-21. Rooney berhasil memanfaatkan kesalahan kiper dalam menepis bola dari sepakan Javier Hernandez. Dengan leluasa, pemain yang akrab disapa Wazza itu menceploskan bola ke dalam gawang. Gol MU unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, membuat armada Bilbao kian gencar melakukan serangan kepertahanan The Red Devils. Usaha keras mereka akhirnya berbuah manis setelah sundulan Llorente di menit ke-43 memaksimalkan umpan silang Susaeta dari sektor kiri pertahanan MU, tak mampu ditahan David De Gea. Hingga turun minum, skor 1-1 pun tidak berubah.

Memasuki pertengahan babak ke-2, MU mulai menemukan bentuk permainannya. Pada menit ke-59 sebuah peluang emas diperoleh Chicarito, sayang tendangannya masih membentur pemain Bilbao dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Pada menit ke-71, Athletic Bilbao berbalik unggul 2-1 berkat gol dari De Marcos memanfaatkan umpan terobosan Susaeta. Bilbao memperbesar keunggulannya setelah Muniain berhasil memanfaatkan bola muntahan De Gea setelah berhasil menepis tendangan keras Susaeta.

Tepat pada menit ke-90, Wayne Rooney berhasil menjebol gawang dari titik penalti setelah pemain Bilbao kedapatan handsball. 3-2 untuk Bilbao.

Susunan Pemain

MU : De Gea; Evans, Smalling, Evra, Rafael; Giggs, Jones, Young, Park Ji-Sung; Rooney, Hernandez.

Athletic Bilbao : Gorka; Javi Martinez, San Jose, Iraola, Aurtenetxe; Iturraspe, De Marcos, Andre Herrera; Susaeta, Muniain, Llorente.

MOST POPULAR