POST DETAIL

Rabu, 7 Maret 2012 - 11:57

Foto: Libas Milan, Arsenal Tersisih

London, Seruu.Com - London: Laga leg kedua antara Arsenal kontra jawara Italia AC Milan di babak 16 besar Liga Champions Eropa digelar di Stadion Emirates, London, Selasa malam atau Rabu (7/3) dini hari waktu Indonesia Barat.

Arsenal yang harus mengejar defisit empat gol karena kalah di leg pertama 0-4, tampil menekan sejak menit awal. Hasilnya, dari tendangan sudut di menit ke 6, Laurent Koscielny berhasil menanduk bola dan membawa Arsenal unggul 1-0.

Arsenal terus menekan dengan umpan-umpan terobosannya. Hingga tampak AC Milan seperti bertahan dengan hanya menunggu bola-bola mati. Sejumlah peluan berhasil diperoleh Van Persie di menit 16 dan 18. Namun semua bisa dimentahkan kiper Milan Cristian Abbiati.

Tidak mengendorkan serangan, akhirnya jala Milan kembali bobol melalui Tomas Rosicky di menit ke 25. Pemain asal Ceko tersebut berhasil memanfaatkan kesalahan pemain belakang Milan, Thiago Silva, yang gagal menghalau bola hasil tusukan dari Theo Walcott, Arsenal 2 Milan 0.

Memasuki menit ke 42 petaka menimpa AC Milan. Pergerakan Walcott di kotak penalti Milan yang langsung dilanggar dua pemain Milan, membuahkan hadiah penalti dari wasit. Skor berubah 3-0 hingga turun minum.

Pada babak kedua, Arsenal kembali bangkit mengejar 2 poin lagi untuk memastikan melaju ke peringkat selanjutnya. Tak mau tinggal diam, AC Milan membuat inisiatif serangan terlebih dulu.

Pun demikian dengan Arsenal, serangan demi serangan mengarah ke jala penjaga gawang. Namun, semua itu selalu di mentahkan oleh kedua lini pertahanan. Di babak kedua, Arsenal justru tampil tertekan, hingga konsentrasi pemain sedikit kocar-kacir.

Menanggapi itu, Wenger pun mengganti beberapa pemainnya untuk memberikan strategi serangan baru. Tapi, Arsenal malah tampak tak seimbang setelah empat striker di tampilkan di lini depan dengan memasang chamakh.

Van Persie hampir kembali melesatkan gol pada menit ke 65, setelah tendangan A. Song mampu di tepis Abbiati. Sayangnya, bola yang muntah ke arah Van Persie tidak bisa di selesaikan dengan matang, sehingga bola mampu di genggam kiper Milan ini.

Begitu pula dengan AC Milan, yang sering memberikan tekanan-tekanan agresif melalui kaki Ibrahimovic. Bahkan pada menit ke 78, Szczesny melakukan blunder dan hampir saja dimanfaatkan oleh Ibra, sayang tendangannya melenceng ke kanan gawang Arsenal.

Hingga wasit meniupkan pluit tanda berakhirnya pertandingan, Arsenal tak juga menambah pundi-pundi golnya. Alhasil, the Gunners harus merelakan cita-citanya terkandaskan oleh sang tamu. [rn]

Arsenal:

13 Szczesny, 3 Sagna, 4 Vermalen, 6 Koscienlny, 28 Gibbs, 7 Rosicky, 17 Song, 10 Van Persie (c), 14 Walcott, 15 Oxlade-Chamberlain, 27 Gervinho

AC Milan:

32 Abbiati, 5 Mexes, 15 Mesbah, 20 Abate, 35 Thiago Silva, 4 Van Bommel, 22 Nocerino, 28 Emanuelson, 11 Ibrahimovic, 70 Robinho, 92 El Shaarawy

MOST POPULAR