POST DETAIL

Kamis, 1 Maret 2012 - 11:20

Foto: Belanda Permalukan Inggris

London, Seruu.com - Arjen Robben berhasil mengukir dua gol brilian, termasuk gol penentu kemenangan saat Belanda membekap tuan rumah Inggris 3-2 dalam laga persahabatan di Stadion Wembley, Kamis (1/3/2012) dinihari WIB.

Kedua tim bermain terbuka sejak awal laga, namun permainan cenderung membosankan dan kedua tim minim melahirkan peluang.  Kedua tim gagal menyarangkan sebiji gol pun dan skor 0-0 menutup paruh pertama. Di periode ini gelandang Steven Gerrard dipaksa ditarik ke luar lapangan karena menderita cedera hamstring di menit '32.

Tak lama setelah turun minum aksi Daniel Sturridge nyaris saja berbuah gol, sial sepakan keras pemain Chelsea ini dapat diblok Maarten Stelekenburg.

Aksi Sturridge membuat Belanda seperti tersengat dan Robben akhirnya mampu mencetak gol pembuka di menit '57. Mendapat bola dari dekat tengah lapangan, Robben langsung melakukan aksi solo run, kemudian mengecoh dua pemain bertahan  Inggris, di tepi kotak penalti Robben mengghujamkan tendangan rendah yang bersarang di pojok kiri gawang Joe Hart.

Semenit kemudian Klaas-Jan Huntelaar menggandakan keunggulan Der Oranye lewat tandukan kerasnya memaksimalkan crossing memanjakan Dirk Kuyt. Sesudah mencetak gol Huntelaar sempat terkapar karena kepalanya berbenturan dengan Chris Smalling. Belanda unggul 2-0

Inggris baru bisa memperkecil defisit gol setelah pertandingan berjalan 85 menit. Entah dari mana datangnya Gary Cahill tiba - tiba menjadi 'striker' dan berhasil lepas  dari perangkap offside dan membobol gawang Belanda usai mendapatkan umpan terobosan dari Leighton Baines.

Satu menit waktu injury time, Ashley Young berhasil menyamakan skor menjadi 2-2. Umpan dari Phil Jones itu dituntaskan dengan sempurna oleh pemain milik Manchester United tersebut. Sepakan lob cantiknya sukses memperdaya Stelekenburg.

Sayang, euforia publik Inggris hanya bertahan singkat. Selang satu menit kemudian, Robben melukai hati para pendukung Inggris. Sebelum bola yang dilepaskan oleh Robben masuk dalam gawang, bola itu sempat membentur Cahill. Gol kedua Robben di laga ini mengubah skor menjadi 3-2 dan bertahan hingga peluit akhir berbunyi.

Bagi  Belanda kemenangan ini menjadi yang pertama dari tiga kali ujicoba terakhir. Dalam dua laga terdahulu, pasukan Oranje ini sempat dibantai Jerman 3-0 dan bermain imbang melawan Swiss pada tahun lalu. Kemengan ini juga menjadi pembalasan, sebelumnya di tempat yang sama pada tahun 1996, Belanda takluk 4-1 dari Inggris.

Kekalahan di Wembley ini menjadi yang pertama diraih Inggris setelah kali terakhir dipermalukan Prancis pada November 2010. Selain itu, kekalahan ini menjadi debut yang mengecewakan bagi pelatih caretaker, Stuart Pearce. Pearce didaulat sebagai pelatih sementara menyusul mundurnya Fabio Capello. [is]

MOST POPULAR