POST DETAIL

Senin, 27 Februari 2012 - 11:35

Foto: Liverpool Juara Piala Carling

London, Seruu.com - Liverpool mengakhiri paceklik enam tahun tanpa trofi setelah sukses menggondol trofi Piala Carling setelah secara susah payah menundukan Cardiff City di partai final lewat drama adu penalti 3-2 di New Wembley, Senin (27/2/2012) dinihari WIB.

Kedua tim bermain imbang 1-1 di 2 kali 45 menit dan skor berubah menjadi 2-2 setelah kedua klub beda kasta itu menjalani masa perpanjangan waktu 2 kali 15 menit. Laga ini berjalan timpang, The Red sangat dominan dengan melepaskan 39 tendangan ke arah gawang dan 19 diantaranya mengenai sasaran. Namun, kendati demikian, Liverpool harus menjalani adu penalti untuk menggenggam trofi pertamanya di tahun 2012.

Liverpool yang lebih diunggulkan di luar dugaan tertinggal lebih dulu saat laga berjalan 19 menit. Lepas dari kawalab Jose Enrique, berdiri di kotak penalti Joe Mason cerdik melepaskan sepakan kaki kanan akurat yang melintas di sela kaki Pepe Reina sebelum bersarang di jala gawang.

Tertinggal satu gol, Liverpool langsung bermain super ofensif. Tekanan demi tekanan terus dilancarkan pasukan Kenny Dalglish dan upaya mereka akhirnya berbuah gol pada menit '59 lewat Martin Skrtel. Bermula dari sepak pojok Stewart Downing yang disambut tandukan Andy Carrol dan diteruskan heading Luis Suarez, sial bola membentur tiang, untungnya bola rebound jatuh di kaki Skrtel, dengan sekali kontrol bek asal Slovakia itu menghujamkan sepakan yang membobol gawang Tom Heaton.

Gol dari Skrtel mengubah corak permainan, Liverpool menjadi semakin gencar melancarkan serangan, sementara Cardiff lebih banyak bertahan. Segudang peluang diperoleh para pemain Liverpool di babak kedua. Tapi, disiplinya barikade pertahanan Cardiff, kesigapan Heaton menghalau bola dan kekurangtenangan pemain Liverpool mengeksekusi peluang menjadi faktor Si Merah gagal menambah gol hingga waktu normal berakhir. Entah berapa kali tendangan Steven Gerrard yang melambung dan tak sedikit pula Suarez membuang peluang emas.

Skor 1-1 di waktu normal membuat laga harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu. Di periode ini, Liverpool sukses membalikan keadaan di menit '108 lewat Dirk Kuyt.  Tak lama masuk menggantikan Andy Carroll, Kuyt langsung unjuk gigi, tendangan keras kaki kanan Kuyt memaksimalkan bola liar di tepi kotak penalti menghujam pojok kanan gawang Heaton.

Namun, Cardiff kembali membuat kejutan, tiga menit jelang pertandingan usai, klub asal Wales ini berhasil menyetarakan skor lewat Ben Turner. Tendangan Turner dari jarak dekat memanfaatkan kemelut yang berawal dari sepak pojok membuyarkan kemenangan Liverpool. Skor 2-2 hingga kedua tim bermain 120 menit dan pemenang pun harus ditentukan lewat adu penalti.

Di babak ini Liverpool lebih beruntung daripada Cardiff. Meski dua penendang Si Merah gagal menceploskan bola dari titik 12 pas, yakni Gerrard dan Charlie Adam, namun tiga eksekutor lainnya sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Sementara tiga penedang Cardiff justru gagal menngeksekusi penalti yaitu Miller, Rudy Gestede dan Anthony Gerrard. Alhasil di duel adu penalti ini Liverpool menang 3-2 sekaligus berhak menggenggam trofi Piala Carling musim ini. [is]

MOST POPULAR