POST DETAIL

Sabtu, 11 Februari 2012 - 22:05

Foto: Setan Merah Sungkurkan Si Merah

Manchester, Seruu.com - Duel dua klub tersukses dan saling bermusuhan di ranah Inggris antara Manchester United kontra Liverpool dimenangkan oleh United yang bertindak sebagai tuan rumah dengan skor 2-0. Wayne Rooney menjadi aktor utama lewat sumbangan dua golnya dalam laga yang dihelat di Old Trafford, Sabtu (11/2/2012) malam WIB.

Atmosfir pertandingan diimbuhi dengan tensi perseteruan Luis Suarez dan Patrice Evra. Suarez baru saja usai menjalani sanksi delapan pertandingan setelah menghina Evra pada pertemuan kedua tim di Anfield, Oktober lalu.

Tensi panas sudah muncul bahkan sebelum pertandingan dimulai. Saat berjalan menyalami pemain United, Suarez menolak menerima uluran tangan Evra, yang bertindak sebagai kapten tim, dan beralih langsung kepada David De Gea di sebelahnya. Evra mencekal tangan Suarez, tetapi striker Uruguay itu langsung menarik lagi tangannya. Seakan sebagai balasan, Rio Ferdinand menolak menjabat tangan Suarez.

Meski bermain di markas lawan, Liverpool tampil sedikit dominan di babak awal, bahkan pasukan Kenny Dalglish itu nyaris memimpin lebih dulu ketika Glen Johnson melakukan solo run di sisi kiri pertahanan United. Sial, sepakan melengkung Johnson melebar beberapa centimeter dari tiang gawang United.

Perlahan tapi pasti, United mulai menemukan ritme permainan di pertengahan babak pertama.  Peluang emas Setan Merah salah satunya didapat di menit '20 ketika umpan Antonio Valencia diterima Rafael di kotak penalti, dan tembakannya ke arah gawang gagal diteruskan oleh Danny Welbeck sehingga bola hanya mengarah ke sisi luar gawang Pepe Reina.

Peluang emas kembali diperoleh United dan kali ini didapat Paul Scholes pada menit '31. Crossing memanjakan dari Ryan Giggs disambut tandukan Scholes yang tak terkawal, beruntung bagi Liverpool, Reina dengan sigap mementahkan sundulan keras Scholes.

Kedudukan imbang tanpa gol hingga babak pertama berakhir. Di terowongan menuju kamar ganti, pemain kedua tim dikabarkan terlibat adu mulut. Kekisruhan berlangsung lima menit sampai akhirnya pihak keamanan turun tangan melerai mereka.

Memasuki paruh kedua, United berinisiatif melakukan serangan lebih dulu. Upaya mereka berbuah gol ketika babak kedua berlangsung dua menit lewat sepakan voli Rooney dari jarak dekat. Gol bermula dari sepak pojok Giggs, bola tak sengaja mengenai tubuh Jordan Henderson, bola liar kemudian disambar tendangan voli kaki kanan Rooney yang mengoyak gawang Reina.

United menggandakan keunggulan tiga menit berselang dan lagi - lagi Rooney menjadi pelakunya. Kesalahan Jay Spearing mem-pasing  bola berakibat fatal, boal berhasil direbut Antonio Valencia, winger asal Ekuador itu langsung menggiring bola dan memberikan sodoran matang kepada Rooney. Lepas dari kawalan, Rooney tanpa ampun menyambut umpan Valencia dengan sepakan keras yang membobol gawang Reina.

Tertinggal dua gol, manajer Liverpool Kenny Dalglish melakukan perubahan denagn memasukan tiga amunisi anyar Andy Carroll, Craig Bellamy, dan Charlie Adam. Kehadiran trio tersebut membuat serangan Si Merah bervariasi, hasil manis pun dipetik ketika laga menginjak menit '81.

Suarez berhasil menggetarkan gawang De Gea memanfaatkan kesalahan Ferdinand dalam mengamankan tendangan bebas Adam. Bola mampir di hadapan Suarez dan tanpa kesalahan menaklukkan De Gea untuk menyarangkan gol pertamanya setelah lepas dari sanksi.

Gol tersebut terbukti menjadi satu-satunya upaya Liverpool dalam merepotkan United. Peluang terakhir diperoleh Johnson, tetapi tendangan kerasnya dari luar kotak penalti secara gemilang ditip ke atas gawang oleh De Gea.

Tambahan tiga angka bersih ini  menempatkan sementara United di puncak klasemen Liga Primer dengan 58 poin sekaligus membalaskan dendam mereka di ajang Piala FA dimana kala itu United keok 2-1 di Anfield. Saingan terdekat United, Manchester City baru akan bertanding Minggu esok melawan Aston Villa.

Adapun Liverpool tertahan di urutan ketujuh dengan dulangan 39 poin atau terpaut empat angka dari Chelsea yang bertengger di posisi 4, batas terakhir zona champions. [is]

 

MOST POPULAR