POST DETAIL

Kamis, 26 Januari 2012 - 14:20

Dira Sugandi: Jazz Indonesia Jadi Omongan Dunia

seruu.com,- NAMA Dira Sugandi tak asing lagi bagi pecinta musik jazz di Indonesia. Ia kerap tampil di berbagai ajang musik dalam negeri maupun internasional. Lalu bagaimana menurutnya soal perkembangan musik jazz di Indonesia?

"Perkembangan musik jazz di Indonesia sudah sangat menggembirakan. Kita lihat aja Java Jazz, yang dari tahun ke tahun pengunjungnya terus bertambah. Artis-artis yang didatangkan pun juga kalibernya udah legend,kayak tahun ini salah satu bintangnya adalah Stevie Wonder," kata Dira saat ditemui www.metrotvnews.com di sela-sela acara 8-11 Show Metro TV.

Bahkan, tambahnya, market jazz di Indonesia telah menjadi omongan bagi industri musik dunia. Musisi jazz kaliber dunia pun mengakui antusiasme masyarakat Indonesia terhadap aliran musik tersebut. Tak jarang banyak musisi jazz internasional kaget melihat antusiasme masyarakat pecinta musik di Indonesia. 

Begitu pula dengan musisi-musisi yang mengembangkan kemampuan dan ketertarikannya pada jazz. Dunia internasional juga mengakui kepiawaian musisi jazz Indonesia dan mengundang mereka.

Rusia, kata Dira, merupakan negara yang sering mengundang musisi jazz Indonesia untuk tampil di publik. Dira Sugandi pernah tampil di ajang Petrojazz Festival di St Petersburg, Rusia. Ia tak sendiri. Masih ada sederet nama musisi jazz Indonesia dalam ajang tahunan tersebut.

Dira Sugandi ingin berkontribusi lebih besar di dunia jazz di Indonesia dengan lebih banyak menggelar konser kecil-kecilan di berbagai kesempatan. "Saya selalu berusaha memperkenalkan jazz di Indonesia. Saya sering main di acara-acara kampus, di daerah-daerah dan gak lihat bayarannya," ujar Dira.

Untuk Java Jazz tahun 2012, Dira sudah mempersiapkan berbagai hal yang akan mendukung penampilannya di ajang musik tahunan bergengsi itu. Sukses terus buat Dira Sugandi dan maju terus buat musik jazz tanah air. (fst)

MOST POPULAR