POST DETAIL

Sabtu, 14 Januari 2012 - 10:35

Foto Aksi Masyarakat Morowali Menolak INCO di Sulawesi Tengah

Morowali, Seruu.com -Ratusan warga Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, hari ini melakukan pendudukan terhadap tambang Nikel milik INCO di desa Dampala, Morowali, Sulawesi Tengah.

Pendudukan tersebut merupakan buntut dari unjuk rasa yang dilakukan Kamis kemarin, oleh sekitar seribu warga di Kantor DPRD Morowali. Mereka mendesak pencabutan izin kontrak karya perusahaan tambang nikel PT Inco.

Saat ini ratusan warga dari desa Bahodopi dan Bungku Tengah melakukan pendudukan mes karyawan di desa Dampala dan bertekad menjadikan area tesebut sebagai posko perlawanan terhadap tambang asing yanhg banyak bertebaran di Indonesia. 

Humas aksi Irwan Sos menyatakan bahwa langkah selanjutnya adalah masyarakat akan melakukan pendudukan terhadap kantor INCO di kilo Sembilan yang masih diisi karyawan dan alat-alat beat perusahaan tambang dari Brazil tersebut.

"Ini titik awal bagi kami untuk mengusir INCO dari tanah Morowali. 44 tahun sudah mereka menguasai tanah kami dan tidak memberi manfaat apa-apa." ujarnya, Jumat (13/1/2012).

Kemarin warga 13 desa dari 2 kecamatan datang dan mendesak anggota DPRD dan bupati Morowali merekomendasikan pencabutan izin kontrak perusahaan tambang nikel PT Inco di lahan seluas 36 hektare di Kecamatan Bungku Timur dan Kecamatan Bahodopi.

Menurut warga, lahan tidak pernah dikelola PT INCO. Bahkan sebagian lahan merupakan perkebunan masyarakat. Warga tidak berani mengelola lahan karena mendapat tekanan dari petugas jaga yang diklaim milik PT Inco.

Ratusan aparat keamanan nampak menjaga areal tambang. Petugas terdiri dari aparat gabungan brimob dan TNI Polri. [musashi]

 

MOST POPULAR