POST DETAIL

Rabu, 4 Januari 2012 - 13:04

City Benamkan Liverpool di Etihad

Manchester City berhasil duduk di singgasana klasemen dengan keungulan tiga poin atas Manchester United setelah sukses menekuk tim kuat Liverpool dengan skor meyakinkan 3-0 di hadapan publik sendiri yang memadati Etihad Stadium, Rabu (4/1/2011) dinihari WIB.   

Liverpool yang bertindak sebagai tamu memperoleh peluang lebih dulu di menit ketujuh, kerjasama cantik Jose Enrique, Andy Carroll dan Jordan Henderson berbuah terobosan cantik yang disambut Stewart Downing, sayang sepakan keras Downing masih mampu dihalau kiper Joe Hart.

Enam menit berselang publik tuan rumah bersorak setelah Sergio Aguero sukses memperdaya kiper Pepe Reina lewat tendangannya. Bermula dari kesalahan Dirk Kuyt yang gagal menguasai bola karena penjagaan James Milner, David Silva kemudian mengirimkan umpan kepada Aguero dan striker asal Argentina itu melepas sepakan yang tidak terlalu tajam, namun antisipasi yang kurang baik dari Reina membuat bola masuk jaring.

City menggandakan keunggulannya di menit '33 setelah tandukan keras Yaya Toure menjebol gawang Reina. Yaya berhasil lepas dari kawalan Glen Johnson untuk menyambut umpan sepak pojok David Silva.

Tertinggal dua gol pelatih Liverpool, Kenny Dalglish menurunkan darah segar yakni Steven Gerrard dan  Craig Bellamy menggantikan Adam dan Kuyt ditarik keluar. Manajer Kenny Dalglish berharap pola serangan timnya bisa menemui hasil.

City harus bermain dengan sepuluh orang sejak menit ke '73 setelah gelandang Gareth Barry diusir wasit karena mendapatkan kartu kuning kedua alias kartu merah setelah menjegal Daniel Agger.

Unggul jumlah pemain, Liverpool tetap saja tak mampu menjebol pertahanan pasukan Roberto Mancini yang sangat ketat. City yang justru kembali unggul melalui titik penalti.

Pada menit ke '74, Martin Skrtel menjatuhkan Toure di dalam kotak terlarang, keputusan wasit diprotes kubu The Reds, pasalnya dalam tayangan ulang Toure terlihat berpura -pura alias diving.

James Milner yang maju sebagai eksekutor berhasil melesakkan bola ke pojok kanan atas gawang Reina.

Kemenangan ini membuat posisi City aman dari kejaran Manchester United di puncak klasemen sementara untuk satu pekan ke depan. Mereka unggul tiga poin dari klub rival tetangga itu. Posisi mereka sulit dikejar The Red Devils meski sang rival menang atas Newcastle United, Kamis (5/1/2012) dinihari WIB besok. [is]

MOST POPULAR